Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Metode Inkuiri Materi KPK Dan FPB Siswa Kelas IV SD Negri 14 Rantau Batu Ambacang Kabupaten Pesisir Selatan

Widika, Evandos and rieke, alyusfitri (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Metode Inkuiri Materi KPK Dan FPB Siswa Kelas IV SD Negri 14 Rantau Batu Ambacang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover repostory.pdf

Download (94kB)
[img] Text
bab 1 repostrory.pdf

Download (313kB)
[img] Text
bab 5 repostrory.pdf

Download (89kB)
[img] Text
daftar pustaka repostrory.pdf

Download (90kB)
[img] Text
skripsi widika evandos repostory.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya ketersediaan modul pembelajaran di SDN 14 Rantau Batu Ambacang Kabupaten Pesisir Selatan pembelajaran matematika berbasis metode inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis inkuiri untuk siswa kelas IV SDN 14 Rantau Batu Ambacang Kabupaten Pesisir Selatan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D). yaitu pengembangan 3-D, define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 pada materi pembelajaran KPK dan FPB. Proses divalidasi modul oleh 3 dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul di uji oleh 1 guru dan 14 siswa kelas IV SD 14 Rantau Batu Ambacang. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh ahli materi yaitu dengan nilai rata-rata 90,62%, ahli bahasa dengan nilai rata-rata 97,72%, dan ahli desain dengan nilai rata-rata 95,83%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari 3 orang ahli mencapai nilai rata-rata 94,72% dengan kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru mencapai nilai rata-rata 95,45%, dan praktikalitas siswa nilai rata-rata 92,91%, sehingga praktikalitas guru dan siswa mencapai nilai rata-rata 94,18%, dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis inkuiri pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Rantau Batu Ambacang valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kata kunci :Modul pembelajaran matematika, metode inkuiri, materi KPK dan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:48
Last Modified: 10 Aug 2022 01:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10004

Actions (login required)

View Item View Item