PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU PENYELUDUPAN KAYU BAKAU DI BIDANG EKSPOR (STUDI PUTUSAN NOMOR: 302/ PID.B/2021/PN.BLS)

Alfa, Mei and Deaf Wahyuni Ramadhani, Deaf (2022) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU PENYELUDUPAN KAYU BAKAU DI BIDANG EKSPOR (STUDI PUTUSAN NOMOR: 302/ PID.B/2021/PN.BLS). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER ALFA.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB 1 ALFA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI.pdf

Download (765kB)

Abstract

Tindak pidana penyelundupan yang dilakukan diatur dalam Pasal 102A huruf e Undang-Undang Kepabeanan. Sebagaimana kasus penyelundupan secara bersama-sama yang terdapat dalam putusan nomor: 302/PID.B/2021/PN.BLS. Rumusan Masalah (1) Bagaimanakah pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku penyelundupan kayu bakau secara bersama-sama di bidang ekspor (studi putusan nomor: 302/PID.B/2021/PN.BLS) (2) Bagaimanakah pertimbangan hakim terhadap pelaku penyelundupan kayu bakau secara bersama-sama di bidang ekspor (studi putusan nomor: 302/ PID.B/2021/PN.BLS) ? Jenis penelitian yuridis normatif; sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa bahan primer, sekunder, dan tersier; teknik pengumpulan data dengan studi dokumen dan dianalisis secara kualitatif. Simpulan (1) Pertanggungjawaban pidana oleh terdakwa K adalah pertanggungjawaban sebagai kewajiban mutlak yang dihubungkan dengan ditimbulkannya kerusakan, (Strict liability) karna terdakwa telah terbukti memenuhi unsur-unsur pidana telah terbukti memenuhi unsur-unsur pidana (2) Hakim mempertimbangkan secara yuridis; dakwaan JPU, keterangan terdakwa, saksi, barang bukti, dan pasal-pasal. Pertimbangan non yuridis yaitu latar belakang perbuatan terdakwa, kondisi diri terdakwa, hal-hal yang memberatkan terdakwa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:23
Last Modified: 10 Aug 2022 01:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10006

Actions (login required)

View Item View Item