PENERAPAN PRINSIP RESTORATIVE JUSTICE OLEH PENYIDIK TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN (STUDI KASUS DI POLRESTA PADANG)

Alifa, Adam and Deaf, Wahyuni Ramadhani (2022) PENERAPAN PRINSIP RESTORATIVE JUSTICE OLEH PENYIDIK TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN (STUDI KASUS DI POLRESTA PADANG). Diploma thesis, universitas bung hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut Pasal 8 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) menjelaskan sistem peradilan anak wajib mengutamakan pendekatan restorative justice. Pada tanggal 31 Mei 2021 telah terjadi penangkapan seorang anak dibawah umur yang melakukan pencurian kendaraan bermotor, berinisial ABH diamankan di Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung yang selesaikan secara restorative justice. Rumusan masalah: (1) Bagaimanakah penerapan prinsip restorative justice oleh penyidik Polresta Padang dalam tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak? (2) Apa sajakah kendala-kendala bagi penyidik Polresta Padang dalam penerapan prinsip restorative justice dalam perkara tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak. Jenis penelitian yuridis sosiologis, sumber data berasal dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen, data dianalisis secara kualitatif. Simpulan: (1) Tahapan proses penerapan restorative justice di Polresta Padang yaitu laporan dari pihak korban kepihak kepolisian, penyidikan, pemangilan pelaku, mengkonsultasikan kasus serta mengundang BAPAS sebagai pendamping anak, pemanggilan orang tua/wali, mediasi antara pihak terlibat, penyelesaian perkara ganti rugi dan surat kesepakatan perdamaian, jika tidak ada kesepakatan maka perkara naik ke penuntutan dan persidangan. (2) Kendala yang ditemukan penyidik dalam penerapkan restorative justice adalah kurang kerja sama antara penyidik dan BAPAS, para pihak tidak mau berdamai, dan Dana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:27
Last Modified: 10 Aug 2022 01:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item