PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS AKTIVITAS SISWA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 19 PASAR AMBACANG

Rahmi, Anwar and Yetty, Morelent and Joni, Alfino (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS AKTIVITAS SISWA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 19 PASAR AMBACANG. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
COVER, HAL PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
FULL TEKS TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rahmi Anwar. 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Aktivitas Siswa untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 19 Pasar Ambacang”. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Bung Hatta. Penelitian ini bermula dari hasil observasi ke Sekolah Dasar Negeri 19 Pasar Ambacang ditemukan rendahnya keterampilan menulis narasi siwa kelas IV SD. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran tematik berbasis aktivitas siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Teori utama yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Rusman (2015), Nuruddin (2012) dan Madjid (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Berdasarkan teori Trianto (2015) tentang tahapan pengembangan 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 dosen ahli, untuk menguji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas IV SDN 19 Pasar Ambacang. Prosedur penelitian pengembangan model dilakukan dengan 4 tahap yaitu, pendefinisian (define) peneliti menganalisis kurikulum, kebutuhan, konsep, dan siswa. Pada tahap perancangan (design) peneliti melakukan perancangan model pembelajaran dan melakukan penulisan draf model. Tahap selanjutnya pengembangan (develop) yaitu validitas, revisi produk, uji coba validitas, uji coba praktikalitas, dan uji efektivitas. Dan tahap terakhir penyebaran (disseminate), peneliti melakukan penyebaran secara terbatas kepada guru dan siswa kelas IV SDN 19 Pasar Ambacang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata sebesar 86,99% baik dari aspek materi 88,55%, aspek kebahasaan 80%, aspek penyajian 88% dan aspek desain 91,43%. Model yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata sebesar 97,65%, serta dinyatakan sangat praktis juga oleh siswa dengan rata-rata sebesar 99,28%. Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan efektif dengan rata-rata sebesar 84,79%. Berdasarkan uraian analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tematik berbasis aktivitas siswa untuk peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD dihasilkan valid, sangat praktis dan efektif sehingga sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran tematik di kelas IV SD. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Aktivitas Siswa, Menulis Narasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Aktivitas Siswa, Menulis Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO Magister
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:43
Last Modified: 11 Aug 2022 01:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10224

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item