PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TIDAK PIDANA PENGGELAPAN MOBIL RENTAL ( Studi Kasus di Kepolisian Resort Kota Padang )

guntur pratama, putra and Syafridatati, Syafridatati (2022) PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TIDAK PIDANA PENGGELAPAN MOBIL RENTAL ( Studi Kasus di Kepolisian Resort Kota Padang ). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER Repository.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP.pdf

Download (267kB)
[img] Text
skripsi upload.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pasal 372 KUHP mengatur tentang penyalahgunaan hak atau penyalahgunaan kepercayaan terhadap penyewa barang sewaan. Dalam pasal ini tindak pidana yang dilakukan berupa penyewaan terhadap barang sewaan milik pemilik rental. Penyalahgunaan yang dimaksud seperti pelaku menggadaikan bahkan menjual mobil sewaan yang telah dirental. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan penyidikan kepada pelaku penggelapan mobil rental di Polresta Padang? 2) Apakah kendala-kendala yang ditemukan dalam melakukan penyidikan terhadap pelaku tindak pidana penggelapan mobil rental di Polresta Padang? 3) Bagaimana upaya yang dilakukan terhadap kendala-kendala yang ditemui oleh penyidik Polresta Padang dalam menangani tindak pidana penggelapan mobil rental? Penelitian yang dipakai menggunakan jenis yuridis sosiologis. Data primer sebagai sumber data berasal berupa wawancara, dan data sekunder berupa statistik kriminal; dalam pengumpulan data digunakan teknik berupa wawancara semi terstruktur dan studi dokumen. Analisi kualitatif digunakan setelah data terkumpul. Simpulan hasil penelitian: pelaksanaan penyidikan tindak pidana pengelapan mobil rental yang dilakukan oleh penyidik Polresta Padang adalah dengan menerima laporan, melakukan penyelidikan, kemudian dilakukan penyidikan dengan memeriksa saksi-saksi serta mengumpulkan alat bukti, penangkapan tersangka,melakukan pemeriksaan tersangka, melakukan penahanan, melengkapi administrasi penyidik seperti BAP, dan membuat resume penyidik, setelah semua selesai perkara dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Padang. Hambatan yang ditemui Penyidik saat bertugas yaitu sulit menemukan barang bukti dan sulitnya menemukan pelaku karna plasunya KTP tersangka. Penyidik harus segera menemukan strategi dalam pencarian barang bukti agar pencarian barang bukti cepat ditemukan. Kata kunci: penyidik, pengelapan, mobil rental

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 12 Aug 2022 01:12
Last Modified: 12 Aug 2022 03:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item