PENYELESAIAN TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DENGAN DIVERSI (STUDI KASUS SAT LAKA LANTAS POLRESTA PADANG)

Abyana, Iqbal Andhika and Deaf, Wahyuni Ramadhani (2022) PENYELESAIAN TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DENGAN DIVERSI (STUDI KASUS SAT LAKA LANTAS POLRESTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV Dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)

Abstract

Penyelesaian tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh anak wajib diselesaikan dengan upaya diversi. Berdasarkan ketentuan Pasal 5 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Contohnya kasus penyelesaian tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh anak berinisial J dengan korban bernama Rusmi pada tanggal 22 September 2021. Rumusan Masalah: (1) Bagaimanakah penyelesaian tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh anak dengan diversi di Polresta Padang? (2) Apakah kendala yang ditemui penyidik dalam penyelesaian tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang dilakukan oleh anak dengan diversi di Polresta Padang? Jenis penelitian yuridis sosiologis; sumber data berupa data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen; data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian: (1) Penyidik telah melakukan proses penyelesaian diversi sebagaimana yang telah diatur dalam UU SPPA namun ketika proses diversi dilakukan kedua keluarga tidak menemukan kata sepakat. Lalu proses diversi dilanjutkan pada tingkat penyidikan; (2) Kendala yang ditemui penyidik dalam penyelesaian diversi: penyidik kesulitan mempertemukan pihak korban dan pihak pelaku; kedua pihak sering memperdebatkan masalah ganti kerugian; dan keluarga pelaku yang tidak ingin memaafkan keluarga korban. Kata kunci : kecelakaan, lalu lintas, anak, diversi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:19
Last Modified: 12 Aug 2022 03:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10365

Actions (login required)

View Item View Item