DESAIN ALAT BANTU KERJA OPERATOR PADA PROSES ROASTING BIJI KOPI BERDASARKAN ANALISA POSTUR KERJA DI USAHA COFFE SHOP DAPUE KOPI ROASTEY

Bobby Kurniawan, Bobby Kurniawan and Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng, Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng (2022) DESAIN ALAT BANTU KERJA OPERATOR PADA PROSES ROASTING BIJI KOPI BERDASARKAN ANALISA POSTUR KERJA DI USAHA COFFE SHOP DAPUE KOPI ROASTEY. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover TA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I TA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB VI TA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dapue kopi Roastery merupakan salah satu UMKM yang bergerak pada bidang roasting biji kopi yang terletak di Kota Padang, dengan pekerja sebanyak 2 orang.Dalam proses pengerjaanya ada beberapa kegiatan yang dinilai belum ergonomis, yaitu gerakan mengangkat, membungkuk kegiatan tersebut dilakukan secara berulang dalam jangka waktu yang lama dan bisa menyebabkan gangguan fisik berupa kelelahan, keluhan pada sendi, otot dan tulang termasuk muncul gangguan musculoskeletal disorders. Penelitian diawalai dengan menyebar kuisioner untuk mengidentifikasi keluhan dari operator menggnakan NBM, kemudian penilaian postur kerja dengan mengunakan metode OWAS, Berdasarkan hasil analisa terhadap postur kerja diusulkan sebuah alat bantu untuk mengurangi potensi resiko kerja yang berbahaya.Alat bantu operator untuk meminimasi resiko kerja yaitu berupa lantai tambahan, yang didesain mengunakan data antropometri tubuh menggunakan P50 dan P95. Alat bantu lantai tambahan dirancang untuk mempermudah operator melakukan pekerjaan dan mengurangi terjadinya musculoskeletal disoerders.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:39
Last Modified: 12 Aug 2022 03:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10394

Actions (login required)

View Item View Item