PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PIDANA MATI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Studi Perkara Nomor 226/Pid.Sus/2019/PN Kla)

Dicky Surya, Wijaya and Uning, Pratimaratri (2022) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PIDANA MATI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Studi Perkara Nomor 226/Pid.Sus/2019/PN Kla). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN,ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
iv. FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Pertimbangan hakim merupakan salah satu aspek terpenting dalam menentukan terwujudnya nilai dari suatu putusan hakim yang mengandung keadilan (ex aequo et bono) dan mengandung kepastian hukum. Dalam usaha untuk menanggulangi masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika pemerintah telah mengeluarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Hanya boleh digunakan untuk kepentingan ilmu kesehatan dan ilmu pengetahuan saja. Pelanggaran terhadap peraturan itu diancam dengan pidana yang tinggi dan berat dengan dimungkinkannya terdakwa divonis maksimal yakni pidana mati. Rumusan Masalah : (1) Bagaimanakah pembuktian tindak pidana narkotika pada perkara nomor 226/Pid.Sus/2019/PN Kla ? (2) Bagaimanakah pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana mati terhadap pelaku tindak pidana narkotika pada perkara Nomor 226/Pid.Sus/2019/PN Kla ? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif. Sumber data yang digunakan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian (1) Pembuktian dalam Putusan Perkara Nomor 226/Pid.Sus/2019/PN Kla sudah sesuai dengan pembuktian dalam hukum pidana formil yang diatur dalam KUHAP karena sudah memenuhi adanya alat bukti minimal. (2) Dari hasil penelitian secara normatif yuridis terhadap Perkara Putusan Nomor 226/Pid.Sus/2019/PN-Kla maka pertimbangan hakim dalam memutus perkara tersebut adalah Pertimbangan Yuridis dan Pertimbangan non yuridis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:37
Last Modified: 19 Aug 2022 02:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10557

Actions (login required)

View Item View Item