ANALISIS PENGARUH INVESTASI UPAH MINIMUM PROVINSI, PDRB, DAN EKSPOR INDUSTRI BESAR MENENGAH TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI SUMATERA BARAT

Topit Pajri, Yang Utama and Syafrizal, Chan and Nurul, Huda (2017) ANALISIS PENGARUH INVESTASI UPAH MINIMUM PROVINSI, PDRB, DAN EKSPOR INDUSTRI BESAR MENENGAH TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)

Abstract

Penyerapan tenaga kerja salah satu indikator untuk menilai keberhasilan pembangunan ekonomi disuatu daerah, keberhasilan ini dapat dilihat seberapa besar ketersediaan lapangan pekerjaan yang tersedia di berbagai sektor yang nantinya akan menyerap tenaga kerja yang ada disuatu daerah tersebut. Untuk mengetahui bagaimana kondisi penyarapan tenaga kerja di Sumatera Barat dan faktor- faktor apa saja yang mempengaruhinya maka perlunya penelitian dan analisis. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana perkembangan dan pengaruh investasi, UMP, PDRB dan ekspor industri besar dan menengah terhadap penyarapan tenaga kerja di Sumatera Barat. Didalam penelitian ini teori yang digunakan yaitu Penyerapan tenaga kerja, investasi, upah, PDRB dan Ekspor. Dan metode analisis yang digunakan didalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dengan tujuan untuk melihat pengaruh antar variabel penelitian. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan deskripsi variabel-variabel penelitian dengan rata-rata pertumbuhan setiap tahunya dari periode 1997-2016 yaitu (1) penyerapan tenaga kerja sebesar 1,4 %, (2) investasi sebesar 0,7 %, (3) UMP sebesar 0,16 %, (4) PDRB sebesar 0,05 % dan (4) ekspor pada sektor industri sebesar 0,21 %. Dari analisis yang telah dilakukan juga menemukan upah minimum provinsi dan PDRB berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, sedangkan investasi dan ekspor tidak berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:42
Last Modified: 02 Feb 2023 01:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item