PERANAN DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MENGAWASI PELAKU USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA VINY BAKERY UNTUK MELINDUNGI KONSUMENNYA DI KOTA PADANG

DWICY, APRILLA PUTRI (2018) PERANAN DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MENGAWASI PELAKU USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA VINY BAKERY UNTUK MELINDUNGI KONSUMENNYA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
dwicy.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LENGKAP SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PERANAN DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MENGAWASI PELAKU USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA VINY BAKERY UNTUK MELINDUNGI KONSUMENNYA DI KOTA PADANG Dwicy Aprilla Putri Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta Email : dwicyaprilla@yahoo.co.id ABSTRAK 1 1 1 , Syafril , Adri Makanan mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan, saat ini banyak makanan yang diproduksi oleh Industri Rumah Tangga, salah satunya di Kota Padang adalah Viny Bakery. Oleh karena itu, Disperindag harus selalu mengawasi pelaku usaha tersebut dalam melindungi konsumen. Permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) Apakah syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha Viny Bakery untuk memproduksi roti? (2) Bagaimanakah peranan Dinas Perindustrian dan Perdagangan terhadap pelaku usaha Industri Rumah Tangga Viny Bakery untuk melindungi konsumennya di Kota Padang? (3) Apakah kendala dan upaya yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam melakukan pengawasan terhadap pelaku usaha Industri Rumah Tangga Viny Bakery untuk melindungi konsumennya? Jenis penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Dari penelitian disimpulkan bahwa (1) Produk yang diedarkan oleh Viny Bakery telah memenuhi syarat-syarat kelayakan dikonsumsi menurut undang-undang (2) Peranan Disperindag Kota Padang dalam mengawasi Industri Rumah Tangga dilakukan dalam bentuk pembinaan, pengawasan, dan menjadi fasilitator bagi industri rumah tangga (3) Kendala yang dihadapi Disperindag Kota Padang yaitu kurangnya kasadaran pelaku usaha dalam mengurus izin. Upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengurus izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) sangatlah mudah, sehingga pelaku usaha maumengurus izin agar dapat diawasi secara langsung oleh Disperindag Kota Padang. Kata Kunci : Peranan, Disperindag, Pelaku Usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:49
Last Modified: 06 Feb 2023 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10693

Actions (login required)

View Item View Item