TANGGUNG JAWAB PT JNE CAB. PADANG TERHADAP BARANG KONSUMEN YANG HILANG

PUTRI, NABILA (2023) TANGGUNG JAWAB PT JNE CAB. PADANG TERHADAP BARANG KONSUMEN YANG HILANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
MIMING LISDIA RAHMI cover dan bab i.pdf

Download (159kB)
[img] Text
MIMING LISDIA RAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

TANGGUNG JAWAB PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) CABANG PADANG TERHADAP BARANG KONSUMEN YANG HILANG 1 1 Putri Nabila 2 , Syafril , Adri , 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Bung hatta. Email: putrinabilamanggus@gmail.com ABSTRAK PT JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang, dimana perusahaan ini mengirimkan barang atau dokumen dari suatu tempat ke tempat tujuan pengiriman. Dalam melakukan pengiriman keselamatan menjadi harapan bagi para pihak. Jika terjadi kerugian oleh pengguna jasa seperti barang datang terlambat, rusaknya barang kiriman atau hilangnya barang kiriman, perusahaan akan bertanggung jawab sesuai dengan SSP dari PT JNE. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah pertanggung jawaban PT JNE cabang Padang terhadap barang konsumen yang hilang?, 2) bagaimanakah langkah-langkah yang dilakukan oleh PT JNE cabang Padang dalam mengganti kerugian terhadap barang konsumen yang hilang?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian hukum sosiologis yang penelitiannya menggunakan data primer atau data lapangan yang bersumber dari hasil wawancara dengan Customer Service PT JNE cabang Padang dan konsumen yang pernah bermasalah. Hasil penelitian adalah sebagai berikut 1) pertanggung jawaban yang diberikan oleh pihak PT JNE apabila terjadi kesalahan dalam melaksanakan tugasnya adalah: a. Penggantian kerugian maksimum 10 kali biaya ongkos kirim apabila barang kiriman tidak diasuransikan, b. Barang yang diasuransikan mendapat ganti rugi sesuai harga barang kiriman tetapi tidak termasuk biaya ongkos kirim. 2) Langkah-langkah yang dilakukan perusahaan dalam mengganti kerugian adalah meminta konsumen harus menyerahkan syaratsyarat yang telah ditentukan untuk mengajukan klaim kepada perusahaan. Kata Kunci: Tanggung Jawab, JNE, Kehilangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:19
Last Modified: 20 Feb 2023 07:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item View Item