NALISIS PERIKANAN PUKAT PANTAI (BEACH SEINE) DITINJAU DARI KOMPOSISI HASIL TANGKAPAN YANG DIOPERASIKAN DI PANTAI PASIR JAMBAK KELURAHAN PASIA NAN TIGO KOTA PADANG.

Muhammad Alva Rizi, Muhammad Alva Rizi and BUKHARI, Bukhari (2023) NALISIS PERIKANAN PUKAT PANTAI (BEACH SEINE) DITINJAU DARI KOMPOSISI HASIL TANGKAPAN YANG DIOPERASIKAN DI PANTAI PASIR JAMBAK KELURAHAN PASIA NAN TIGO KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
ii PENDAHULUAN.pdf

Download (18kB)
[img] Text
iii KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
iv FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bulan November dan Oktober 2022 di Pasir Jambak Kelurahan Pasia Nan Tigo Kota Padang. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi jenis-jenis ikan, mengetahui komposisi hasil tangkapan dan mengetahui komposisi keberadaan dari jenis ikan yang tertangkap oleh pukat pantai yang dioperasikan di Pantai Pasir Jambak Kelurahan Pasia Nan Tigo Kota Padang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi. Analisis data digunakan secara deskriptif yaitu mengolah data yang didapat di lapangan dan membandingkan dengan studi pustaka dengan menggunakan buku panduan identifikasi mengacu pada Saanin, 1991. Data berat hasil tangkapan berdasarkan spesies ikan dikoleksi dengan cara menimbang hasil tangkapan yang didaratkan sesuai dengan spesiesnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengikuti operasi penangkapan satu unit alat tangkap pukat pantai yang ada di Pantai Pasir Jambak selama satu setengah bulan (Oktober-November 2022) atau terhitung 45 hari penangkapan, data yang dikumpulkan terdiri dari tanggal pengoperasian, waktu setting, waktu hauling, spesies ikan yang tertangkap, berat jenis dan total ikan yang tertangkap serta pengambilan foto jenis ikan yang tertangkap. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Terdapat 13 Jenis ikan yang tertangkap oleh alat tangkap pukat pantai (beach seine) yang dioperasikan di di Pantai Pasia Jambak Kelurahan Pasia Nan Tigo Kota Padang pada bulan Oktober – November 2022. Komposisi hasil tangkapan dominan pada alat tangkap pukat pantai di Pantai Pasia Jambak Kelurahan Pasia Nan Tigo Kota Padang meliputi ikan kembung (Restegrelliger sp) 10,40%, ikan tenggiri (Scomberomorus commersoni) 10,59%, ikan barakuda (sphyraena barracuda) 10,03%, ikan peperek (Leiognathus equulus) 9,66%, ikan sebelah (Psettodes erumei) 10,59%, dan ikan selar kuning (Atule mate) 7,80%. Ukuran ikan yang tertangkap menggunakan alat tangkap pukat pantai (beach seine) rata-rata memiliki panjang tubuh 7- 9 cm sehingga termasuk pada ukuran layak tangkap yang mana alat tangkap itu sendiri memiliki ukuran mata pancing 2 inch atau 5,08 cm. Ukuran mesh size jaring harus sesuai dengan Permen KP Nomor 71 tahun 2016 minimal 1 inch.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: PSP FPIK
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:33
Last Modified: 21 Feb 2023 06:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10921

Actions (login required)

View Item View Item