Pengaruh Perbedaan Waktu Penarikan Waring Terhadap Hasil Tangkap Bagan Perahu Di UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai Carocok Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.

Muhammad Hanif Al-Jundi, Muhammad Hanif Al-Jundi and BUKHARI, Bukhari (2023) Pengaruh Perbedaan Waktu Penarikan Waring Terhadap Hasil Tangkap Bagan Perahu Di UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai Carocok Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i COVER,LEMBAR PENGESAHAN,ABSTRAK DAN DAFTAR ISi.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ii.PENDAHULUAN.pdf

Download (18kB)
[img] Text
iii KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTRA PUSTAKA .pdf

Download (130kB)
[img] Text
iv FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bagan merupakan salah satu jenis alat tangkap yang cukup banyak di gunakan oleh nelayan terutama di daerah carocok. Banyaknya penggunaan alat tangkap bagan tidak lepas dari perkembangan wilayah, kemudian teknologi, tingkat investasi yang rendah, dan metode penangkapan yang bersifat satu hari penangkapan.. Bagan perahu adalah salah satu contoh alat tangkap jenis jaring angkat (lift net) yang membutuhkan alat bantu penerangan berupa cahaya atau lampu dalam melakukan operasi penangkapan. Bagan perahu membutuhkan alat bantu penangkapan berupa cahaya atau lampu untuk menarik perhatian ikan agar berkumpul di sekitar alat tangkap. Kecepatan penarikan yang cepat sangat diperlukan pada saat pengoperasian alat tangkap bagan perahu. Faktor kecepatan ini sangat berpengaruh karena gerombolan ikan (schoolling fish), namun walaupun kecepatan penarikan tinggi tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan yang membuat gerombolan ikan juga akan menyebar kembali. Ada pun tujuan penelitian ini adalah Menganalisis hasil tangkap pada waktu yang berbeda di UPTD Pelabuhan perikanan pantai cerocok tarusan kecamatan XI koto tarusan kabupaten pesisir selatan, Menganalisis jenis hasil tangkapan pada waktu yang berbeda di UPTD Pelabuhan perikanan pantai cerocok tarusan kecamatan XI koto tarusan kabupaten pesisir selatan Pengumpulan data dilakukan dengan cara metode survie yaitu mengikuti secara langsung dilapangan mengenai pengoperasian bagan dan melakukan wawancara langsung dengan nahkoda dan nelayan bagan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-Tdengan aplikasi SPSS Version 28.01.1. Penelitian ingin mengetahui perbedaan hasil tangkapan dan jenis hasil tangkap pada waktu yang berbeda menggunakan alat tangkap bagan perahu. • Jika a < 0,05 dan t hitung > t table maka H0 artinya, terdapat pengaruh yang segnifikan dari fariabel independent terhadap dependen • Jika a > 0,05 dan t hitung < t table maka H0 artinya, terdapat pengaruh yang tidak segnifikan Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tangkapan hauling pertama dan kedua yang di lakukan di UPTD pabuhan perikanan pantai carocok tarusan, Hasil tangkapan pada hauling pertama dengan berat total 180 kg dan hauling kedua dengan berat total 181kg, terdiri dari ikan tembang (sardinella) dengan berat 243 kg, Cumi–Cumi (Loligo sp.)seberat 89 kg, ikan teri (Stolephorus spp.) yang berjumlah 29 kg. Dengan berat keseluruhan seberat 361 kg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: PSP FPIK
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:31
Last Modified: 21 Feb 2023 06:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10924

Actions (login required)

View Item View Item