Analisis Teknis Perikanan Tonda Di Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Ihsanul Hakim, Ihsanul Hakim and Yuspardianto, Yuspardianto (2023) Analisis Teknis Perikanan Tonda Di Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i COVER,LEMBAR PENGESAHAN,ABSTRAK DAN DAFTAR ISi.pdf

Download (632kB)
[img] Text
ii.PENDAHULUAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
iii KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTRA PUSTAKA .pdf

Download (125kB)
[img] Text
iv FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pancing tonda merupakan alat penangkapan ikan yang dioperasikan secara aktif dengan cara ditarik oleh perahu motor atau kapal kecil. Pancing tonda (pancing tarik) merupakan alat tangkap tradisional yang bertujuan untuk menangkap jenis-jenis ikan pelagis seperti tuna, cakalang, dan tongkol yang biasa hidup dekat permukaan dan mempunyai nilai ekonomis tinggi dengan kualitas daging yang tinggi. Adapun tujuan dari penelitian Menganalisis spesifikasi alat tangkap tonda yang mendaratkan hasil tangkapan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dan Menganalisis metoda penangkapan, daerah penangkapan dan jenis ikan yang tertangkap.yang dilakukan selama 1 bulan. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun data primer tersebut diperoleh dari hasil pengamatan langsung terhadap aktivitas penangkapan alat tangkap pancing tonda dan data sekunder diperoleh dari pihak pelabuhan. Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu dari 19 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat dan terletak di bagian Selatan Provinsi Sumatera Barat. Secara geografis Kabupaten Pesisir Selatan terletak pada koordinat 0° 59’- 2° 28,6’ Lintang Selatan dan 100° 19’ - 101° 18’ Bujur Timur. sepesikasi alat tangkap yaitu seperti: bahan tali utama yaitu nylon monoline dengan size 1,2 – 1,8 mm dan panjang tali 50 – 100 m sedang kan tali cabang menggunakan bahan nylon monoline dengan size 0.8 – 1,2 mm dengan panjang 5-7 m, mata pancing yang digunakan yaitu stainless dengan nomor 7 dengan 28 – 48 mm, Kili kili yang digunakan dengan ukuran size 5-8m dengan bahan stainless, umpan yang dinukann yaitu bulu ayam, pemberat yang digunakan yaitu berbahan timah dengan berat 100 gram -800 gram.daerah pennangkapan ikan dilakukan sekitaran pulau Mentawai adapun proses penangkapan yaitu persiapan, setting, hauling dan hasil tangkapan yang didaratkan seperti ikan Tuna sirip kuning Cakalang,Lemadang Tongkol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: PSP FPIK
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:07
Last Modified: 22 Feb 2023 08:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10947

Actions (login required)

View Item View Item