ARAHAN PENATAAN RUANG PEMUKIMAN BERDASARKAN TINGKAT KERAWANAN BANJIR DI KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Dio, Pratama Putra and Haryani, Haryani and Ezra, Aditia (2018) ARAHAN PENATAAN RUANG PEMUKIMAN BERDASARKAN TINGKAT KERAWANAN BANJIR DI KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text
TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Hasil Rekap Tingkat Kerawanan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
Hasil Tabel Analisis Kesesuaian Lahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
Lampiran Proses GIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Banjir adalah aliran air di permukaan tanah (surface water) yang relatif tinggi dan tidak dapat ditampung oleh saluran drainase atau sungai. Pada tahun 2011 Kecamatan Lengayang mengalami bencana banjir yang besar dikarenakan terjadinya banjir berasamaan dengan naiknya air laut dan banyak menyebabkan kerusakan berat. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang digunakan oleh Dedi Hermon dengan 4 parameter tingkat kerawanan banjir yaitu : 1. kemiringan lereng, 2. Jenis tanah, 3.curah hujan, 4. Penggunaan lahan. Ke empat parameter ini memiliki indikator dan nilai masing-masing untuk menentukan tingkat kerawanan banjir. Metode yang digunakan adalah metode skoring, metode overlay dan metode analisis deskripsi yang dibantu dengan software ArcGis 10.3. Hasil analisis dari keempat parameter ini didapat bahwa Kecamatan Lengayang memiliki 3 tingkat kerawanan. Pertama tingkat kerawanan banjir tinggi dengan luasan mencapai 8.357 Hektar atau 13,11% yang tersebar di seluruh Nagari di Kecamatan Lengayang. Kedua tingkat kerawanan banjir sedang tersebar di semua nagari di Kecamatan Lengayang dengan luasan 10.749 hektar atau 16,88%. Ketiga tingkat kerawanan banjir rendah yang tersebar di Nagari Kambang, Nagari Kambang Timur, Nagari Kambang Utara, dan Nagari Lakitan Tengah dengan luasan 44.593 Hektar. Setelah dilakukan proses overlay antara peta tingkat kerawanan banjir banjir dengan pola ruang pemukiman dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan 2010-2030, didapatlah Permukiman yang berada di kerawanan banjir tinggi seluas 767,85 Hektar yang tersebar di Kecamatan Lengayang. Dan pemukiman yang berada di kawasan kerawanan banjir sedang seluas 148,37 Hektar. Kata Kunci : Tingkat Kerawanan Banjir , Pola Ruang, Permukiman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:11
Last Modified: 23 Feb 2023 07:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10977

Actions (login required)

View Item View Item