KAJIAN TINGKAT PELAYANAN OBJEK WISATA PANTAI AIR MANIS BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX

Andika, Pramana Putra and Ezra, Aditia and Lasti, Yossi Hastini (2018) KAJIAN TINGKAT PELAYANAN OBJEK WISATA PANTAI AIR MANIS BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.PDF

Download (721kB)
[img] Text
TA.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN ANALISIS PERHITUGNAN TABEL ATRIBUT PERBAIKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
lampiran CSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
Lampiran Hasil Kuisioner.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
Lampiran Langkah analisis Kartesius.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
PETA DELINIASI KAWASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
REKAP KESESUAIAN IPA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

Objek Wisata Pantai Air Manis merupakan salah satu objek wsiata unggulan di Kota Padang, objek wisata pantai ini menjadi objek wisata dengan jumlah kunjungan yang terus meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat pelayanan berdasarkan kepentingan setiap atribut dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan mengetahui tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan metode Customer Satisfaction Index (CSI) guna mengetahui arahan atribut wisata yang diprioritaskan untuk diperbaiki. Penelitian ini menggunakan komponen 4A sediaan dalam pariwisata yaitu Daya Tarik Attraction, Fasilitas Amenity, Aksesibilitas Accessibility, Kelembagaan Ancilliary. Adapun Analisis yang digunakan adalah analisis diagram kartesius, dimana atribut yang masuk pada kuadran A adalah atribut yang kinerjanya perlu ditingkatkan perbaikan prioritas. Atribut yang masuk dalam kuadran B adalah atribut yang perlu dipertahankan kinerjanya dan sudah memuaskan pengunjung. Atribut yang masuk dalam kuadran C adalah atribut yang memiliki prioritas rendah dan kuadran D adalah atribut yang dianggap kurang penting oleh pengunjung. Berdasarkan tingkat kesesuaiaan dan diagram kartesius terdapat tersebut 6 atribut perbaikan prioritas utama dan 1 atribut prioritas rendah. secara menyeluruh (berdasarkan nilai CSI) sebesar 0,65 atau 65% dan terletak di rentang nilai 0,51-0,65 yang menunjukkan bahwa indeks kepuasan pengunjung adalah kriteria cukup puas. Atribut komponen wisata yang termasuk dalam perbaikan prioritas adalah fasilitas wc umum,tempat parkir,tempat sampah, sarana souvenir, tarif parkir, pengawas keselamatan dan keamanan. Kata Kunci : Pariwisata, Pelayanan Objek Wisata, Kepuasan Pengunjung,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Ekonomi Konstruksi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:17
Last Modified: 23 Feb 2023 07:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10978

Actions (login required)

View Item View Item