PEMBUKAAN RAHASIA BANK DALAM HAL PENYELESAIAN PIUTANG BANK YANG DISERAHKAN KEPADA BUPLN / PUPN PADA BANK NAGARI CABANG BATUSANGKAR

FRANSCOIS, YOAN (2023) PEMBUKAAN RAHASIA BANK DALAM HAL PENYELESAIAN PIUTANG BANK YANG DISERAHKAN KEPADA BUPLN / PUPN PADA BANK NAGARI CABANG BATUSANGKAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
FRANSCOIS YOAN cover bab i.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
FRANSCOIS YOAN.pdf

Download (452kB)

Abstract

PEMBUKAAN RAHASIA BANK DALAM HAL PENYELESAIAN PIUTANG BANK YANG DISERAHKAN KEPADA BUPLN/PUPN PADA BANK NAGARI CABANG BATUSANGKAR Franscois Yoan 1 , Adri 1 , Elyana Novira 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta E-mail : frans_bule@yahoo.com Abstrak Bank adalah bagian dari sistem keuangan dan pembayaran suatu Negara, bahkan pada era globalisasi sekarang ini, bank juga telah menjadi bagian dari sisterm keuangan dan sistem pembayaran dunia. setiap penjualan barang secara lelang harus dilakukan oleh dan /atau dihadapan pejabat lelang. Istilah pejabat lelang tersebut merupakan terjemahan dari kata vendumeester atau auctioner, yang juga dapat diartikan sebagai “juru lelang”, Pejabat lelang pada dasarnya bertugas mempersiapkan dan melaksanakan penyelenggaraan penjualan barang di muka umum secara lelang, baik tugas melakukan kegiatan persiapan lelang, pelaksanaan lelang maupun setelah penyelengaraan lelang. Rumusan masalah adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembukaan rahasia bank dalam hal penyelesaian piutang bank yang diserahkan kepada BUPLN/PUPN ? (2) Apa kendala yang ditemui pada pembukaan rahasia bank nagari cabang batusangkar dalam hal penyelesaian piutang bank yang diserahkan kepada BUPN / PUPN ? (3) Bagaimana upaya penanggulangan terhadap kendala-kendala pada pembukaan rahasia bank?. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Data yang meliputi data primer dan sekunder, teknik yang digunakan adalah studi dokumen dan wawancara, dari peneltian tersebut dapat disimpulkan, 1. Pelaksanaan pembukaan rahasia bank dalam hal penyelesaian piutang bank yang serahkan kepada badan lelang beberapa ada yang menimbulkan polemik, namun dari beberapa pihak yang penulis wawancarai harus diawali dengan prinsip penilaian dan hubungan antara debitor sebagai nasabah dan kreditor di pihak ini adalah bank yang mana didasarkan hubungan yang telah terjalin antara bank atau pihak ketiga lainnya, 2. Kendala yang sering dihadapi bank adalah kurangnya kemampuan nasabah dalam manajemen, teknis, pemasaran, dan unsur lainnya sehingga bank merasa yakin bahwa usaha yang sedang /akan berjalan mampu dikelola oleh nasabah. 3.hUpaya yang dilakukan bank dalam menyelamatkan kredit bermasalah salah satunya restrukturisasi kredit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:35
Last Modified: 27 Feb 2023 03:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11042

Actions (login required)

View Item View Item