PERJANJIAN SEWA- MENYEWA MOBIL PRIBADI ANTARA CV. ANGEL TRAVEL DENGAN PEMILIK MOBIL YANG DIJADIKAN SEBAGAI SARANA ANGKUTAN SEWA DI KABUPATEN DHARMASRAYA

GISHA, DILOVA (2023) PERJANJIAN SEWA- MENYEWA MOBIL PRIBADI ANTARA CV. ANGEL TRAVEL DENGAN PEMILIK MOBIL YANG DIJADIKAN SEBAGAI SARANA ANGKUTAN SEWA DI KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
GISHA DILOVA cover bab i.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi GISHA DILOVA.pdf

Download (2MB)

Abstract

“Perjanjian Sewa-menyewa mobil pribadi antara CV. Angel Travel dengan pemilik mobil yang dijadikan sebagai sarana angkutan sewa di Kabupaten Dharmasraya”. Gisha Dilova 1 1 , Syafril 1 , Yansalzisatry 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta Email: gishadilova12@gmail.com ABSTRAK Untuk memenuhi kebutuhan mobil angkut dalam pengangkutan sewa pada CV. Angel Travel, dilakukan dengan mengadakan perjanjian sewa-menyewa antara CV. Angel Travel dengan pemilik mobil. Permasalahannya adalah: 1) Bagaimanakah implementasi perjanjian sewa-menyewa antara CV. Angel Travel dengan pihak pemilik mobil ?, 2) Bagaimanakah upaya yang dapat ditempuh oleh para pihak dengan terjadinya wanprestasi terhadap isi perjanjian sewa-menyewa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis sosiologis, yaitu dengan melakukan wawancara dengan responden. Data utamanya adalah data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) implementasi perjanjian sewa-menyewa antara CV. Angel Travel dengan pemilik mobil belum sepenuhnya terlaksanakan dengan baik, para pihak, baik pihak penyewa maupun pihak yang menyewakan tidak menaati isi perjanjian yang telah disepakati 2) Upaya yang dapat ditempuh oleh para pihak apabila terjadi wanprestasi yaitu a) musyawarah atau mufakat untuk mencari jalan tengah atas kerusakan mobil yang disewa, b) apabila pihak yang menyewakan melakukan pelanggaran dengan memakai mobil tanpa izin dari pihak penyewa, maka kerusakan terhadap mobil akan ditanggung secara bersamasama. Kata Kunci: Perjanjian, Sewa, Mobil, Travel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:37
Last Modified: 27 Feb 2023 03:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item