Analisis Keramahan Hasil Tangkapn Gill Net Terhadap Lingkungan Di Desa Kambang Kecamatan Lenggayang Kabupaten Pesisir Selatan

Anilka Saputa, Anilka Saputra and Yuspardianto, Yuspardianto (2023) Analisis Keramahan Hasil Tangkapn Gill Net Terhadap Lingkungan Di Desa Kambang Kecamatan Lenggayang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i COVER,LEMBAR PENGESAHAN,ABSTRAK DAN DAFTAR ISi.pdf

Download (842kB)
[img] Text
ii.PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
iii KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTRA PUSTAKA .pdf

Download (305kB)
[img] Text
iv FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gillnet adalah satu jenis alat penangkap ikan dari bahan jaring yang bentuknya empat persegi panjang dimana ukuran mata jaring (mesh size) sama, jumlah mata jaring ke arah horizontal (mesh lenght / ML) jauh lebih banyak dari jumlah mata jaring ke arah vertikal (mesh depth / MD). Pada lembaran jaring bagian atas diletakkan pelampung (floats) dan pada bagian bawah diletakkan pemberat (sinkers). Dengan menggunakan dua gaya yang berlawanan arah, yaitu bouyancy dari floats yang bergerak ke atas dan sinking force dari sinker di tambah berat jaring dalam air yang bergerak ke bawah, maka jaring akan terentang. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menentukan tingkat keramahan lingkungan unit penangkapan Gill Net yang beroperasi di Perairan Desa Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan berdasarkan kriteria komposisi ikan hasil tangkapannya (sasaran utama dan sasaran sampingan), ukuran ikan yang layak tangkap, dan pemanfaatan hasil tangkapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif survei. menjelaskan bahwa metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, serta untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencarii keteranganketerangan secara faktual pengambilan data dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu : (1) melakukan survey lapang, (2) mengikuti langsung kegiatan operasi penangkapan ikan dengan gillnet sebanyak 3 trip kapal gillnet, (3) wawancara dengan 15 orang nelayan dengan menggunakan kuesioner yang telah disiapkan, 4) data sekunder dari Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis komposisi hasil tangkapan, proporsi hasil tangkapan sasaran utama dan sampingan, proporsii hasil tangkapan yang dimanfaatkan, dan analisis tingkat keramahan lingkungan Pada proporsi hasil tangkapan sasaran utama dan sampingan, masing-masing data jumlah dan berat hasil tangkapan sasaran utama (HTSU) dan hasil tangkapan sampingan (HTS) dari operasi penangkapan dihitung dalam bentuk persentase, kemudian dibandingkan manakah diantara HTSU dan HTS yang lebih besar proporsinya. Ukuran mata jaring yang diperbolehkan menurut Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan No. 02 Tahun 2011 yakni ukuran mata jarring insang hanyut dan tetap adalah ≥ 1,5 inchi, dengan panjang tali ris ≤500m sampai ≤ 1000 m untuk jaring insang tetap, dan ≤ 500 m sampai ≤ 1.000 m untuk jaring insang hanyut. Ukuran mata jaring yang digunakan saat melakukan penelitian adalah 1,5 inchi untuk yang berarti ukuran mata jaring yang digunakan ini sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Alat tangkap gillnet di di Desa Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir termasuk kategori ramah lingkungan dikarenakan proporsi bobot hasil tangkapan utamanya mencapai 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: PSP FPIK
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:22
Last Modified: 28 Feb 2023 01:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item