Pengembangan Instrumen Asesmen HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam Pokok Bahasan Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Padang

Ulfa, Khoirunisa and Khairudin, Khairudin and Niniwati, Niniwati (2020) Pengembangan Instrumen Asesmen HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam Pokok Bahasan Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
1 Ulfa Khoirunisa 1410013211031 Cover.pdf

Download (131kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
1 Ulfa Khoirunisa 1410013211031 Abstrak.pdf

Download (170kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
1 Ulfa Khoirunisa 1410013211031 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
1 Ulfa Khoirunisa 1410013211031 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
1 Ulfa Khoirunisa 1410013211031 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
1 Ulfa Khoirunisa 1410013211031 BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
1 Ulfa Khoirunisa 1410013211031 BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
1 Ulfa Khoirunisa 1410013211031 Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstract

Pemberian contoh soal serta latihan oleh guru yang berkategori C2 dan C3 atau termasuk ke dalam kategori kemampuan berpikir tingkat rendah akan membuat keterampilan berpikir siswa kurang berkembang. Jika guru memberikan soal dengan kategori C4, C5 dan C6 atau keterampilan berpikir tingkat tinggi maka pembelajaran itu menjadi lebih bermakna bagi siswa. Namun kurang tersedianya instrumen asesmen HOTS membuat siswa kurang dapat berlatih dengan soal-soal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan instrumen asesmen HOTS. Dengan adanya instrumen asesmen ini maka siswa dapat berlatih untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan instrumen asesmen HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam pokok bahasan perbandingan pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang (2) menghasilkan instrumen asesmen HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam pokok bahasan perbandingan pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang yang berkualitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Sampel dari penelitian ini berjumlah 27 orang dari kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, tes, serta wawancara. Hasil penelitian ini adalah instrumen asesmen HOTS yang berupa soal tes HOTS terdiri dari 8 soal uraian. Hasil pada uji validasi isi soal dinyatakan valid yang menggunakan formula Aiken’s dengan rata–rata skor adalah 0.52 dengan kategori sedang. Hasil analisis tingkat kesukaran butir soal rata–rata skor adalah 0.29 dengan kategori sukar karena berada pada interval 0,00–0,30. Hasil daya pembeda rata–rata skor adalah 0.25 dengan kategori diperbaiki karena berada pada interval 0,20–0,29. Hasil uji coba reliabilitas rata–rata skor adalah 0.89 dengan kategori tinggi (reliabel) karena berada pada interval 0,80 ≤ . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen yang dihasilkan yakni berupa tes kemampuan berpikir tingkat tinggi di SMP Negeri 10 Padang adalah cukup berkualitas Kata Kunci: Instrumen Asesmen, Berpikir Tingkat Tinggi, Perbandingan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Sep 2020 07:41
Last Modified: 27 May 2021 06:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item