Sisin, Liswinda and Syahrial, Syahrial (2023) TINDAK TUTUR PERINTAH BAHASA JEPANG DALAM ANIME ASSASSINATION CLASSROOM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (880kB) |
|
Text
FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bahasa Jepang tidak bisa lepas dari bertindak tutur dalam berkomunikasi dengan orang sekitarnya. Tindak tutur memiliki bermacam-macam jenis yang salah satunya adalah perintah. Tindak tutur perintah mengungkapkan sikap penutur terhadap tindakan yang harus dilakukan lawan tutur untuk melakukan keinginan penutur. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur perintah yang terdapat dalam anime Assassination Classroom. Sumber data pada penelitian ini yaitu anime Assassination Classroom. Objek penelitian ini adalah bentuk dan fungsi yang terdapat pada dialog antar tokoh pada anime Assassination Classroom. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya tidak berupa angka-angka dan tidak diperoleh melalui proses statistik. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan teknik catat yang kemudian dianalisis dengan mengguakan metode agih dengan teknik dasar yaitu teknik Bagi Unsur Langsung (BUL). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan data sebanyak 23 data sebagai berikut : bentuk ~te kudasai sebanyak 10 data, bentuk ~mashou sebanyak 5 data, bentuk ~nasai sebanyak 5 data, bentuk ~youni sebanyak 3 data. Fungsi bentuk tindak tutur perintah hanya ditemukan fungsi memerintah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang |
Depositing User: | SAJE FIB |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 01:48 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 01:48 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11455 |
Actions (login required)
View Item |