KEBIJAKAN RUMAH SAKIT DALAM MENJAMIN HAK PASIEN UNTUK MEMPEROLEH PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU SESUAI DENGAN STANDAR PROFESI DAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL RSUD SAWAHLUNTO

MURNIATI, MURNIATI and Uning, Pratimaratri and Maiyestati, Maiyestati (2023) KEBIJAKAN RUMAH SAKIT DALAM MENJAMIN HAK PASIEN UNTUK MEMPEROLEH PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU SESUAI DENGAN STANDAR PROFESI DAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL RSUD SAWAHLUNTO. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-Pendahuluan.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Kesimpulan-Daftar Pustaka.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan data awal yang penulis amati dan ambil pada bulan Mei 2022 di rawat jalan dan diruangan rawat inap secara acak kepada 10 orang pasien, didapatkan informasi bahwa 7 orang pasien dan keluarganya belum mendapatkan haknya dengan baik dari petugas kesehatan yaitu belum memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional,tidak terjalin komunikasi yang baik antara petugas kesehatan dengan pasien, dalam melakukan tindakan petugas kesehatan tidak memperkenalkan diri dan tidak memakai identitas, petugas kesehatan tidak melakukan lima momen cici tangan sesuai dengan standar prosedur operasional dan standar akreditasi, petugas kesehatan tidak melakukan komunikasi teraupetik dengan pasien dan keluarga dalam melakukan pengkajian asuhan keperawatan, petugas kesehatan tidak mampu menurunkan tingkat kecemasan pasien dan pasien tidak mendapatkan penjelasan tentang ruangann. Sehubungan dengan banyaknya Standar Prosedur Operasional (SPO) yang ada di rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien, maka penulis membatasi penelitian ini hanya kepada Standar Profesi Dokter dan Perawat yang melaksanakan Standar Prosedur Operasional (SPO) cuci tangan yang harus dilakukan setiap memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien, dan tepatnya waktu pelayanan pasien untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang dimiliki oleh Rumah Sakit Umum Daerah Sawahlunto Hal yang dikhawatirkan dengan fakta ini adalah tidak terpenuhinya hak pasien dan tidak optimalnya pelayanan kesehatan yang menyeluruh dan komprehensif sesuai peran dan fungsi rumah sakit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum Magister
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:36
Last Modified: 06 Mar 2023 06:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11482

Actions (login required)

View Item View Item