Analisis Waktu dan Biaya Penggunaaan ALat Berat (Studi Kasus : Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang STA 01+00 - STA 40+00)

Rieke, Amalia and Rini, Mulyani and Yulcherlina, Yulcherlina (2023) Analisis Waktu dan Biaya Penggunaaan ALat Berat (Studi Kasus : Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang STA 01+00 - STA 40+00). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Alat berat merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan untuk menyelesaikan pekerjaan, sehingga memiliki banyak keuntungan dan kemudahan dalam pekerjaan konstruksi berskala besar. Alat berat digunakan untuk mengefisiensi waktu pekerjaan. Peralatan dianggap memiliki kapasitas tinggi bila peralatan menghasilkan produksi yang tinggi tetapi dengan biaya yang rendah. Sehingga biaya yang dikeluarkan pada saat operasional dapat seefesien mungkin. Adapun hal yang dianalisa dalam tugas akhir ini adalah perhitungan produktifitas alat berat, lamanya pekerjaan dan jumlah unit yang dipakai, serta biaya penggunaan alat berat. Jenis pekerjaan yang dilakukan dimulai dari pembersihan lahan, galian tanah, timbunan tanah, persiapan tanah dasar, lapis pondasi agregat, lean concrete dan pekerjaan pekerasan/rigid. Alat yang digunakan pada pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang beraneka ragam sesuai dengan fungsinya yaitu wheel loader, dump truck, motor grader, vibrator roller, water tank, concrete paver, bulldozer, dan excavator. Dari produktifitas, lama pekerjaan dan jumlah unit , maka didapatkan biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan alat berat sebesar Rp 12.635.976.413,11.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:45
Last Modified: 07 Mar 2023 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11659

Actions (login required)

View Item View Item