Penegakan Hukum Pidana Terhadap Kampanye Hitam Di Media Sosial Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 (Studi Kasus Bawaslu Sumatera Barat)

Bima, Bima and Uning, Pratimaratri and Helmi, Chandra (2023) Penegakan Hukum Pidana Terhadap Kampanye Hitam Di Media Sosial Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 (Studi Kasus Bawaslu Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi 1 (Cover, Lembar Pengesahan dan Persetujuan, Abstrak, Daftar Isi).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi 2 (BAB Pendahuluan).pdf

Download (510kB)
[img] Text
Skripsi 3 (BAB Penutup Kesimpulan dan Saran).pdf

Download (187kB)
[img] Text
Skripsi 4 (Daftar Kepustakaan).pdf

Download (303kB)
[img] Text
Skripsi 5 (Full Text).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tata cara pelaksanaan kampanye termuat didalam Pasal 267-339 BAB VII Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.. Rumusan masalah (1) Bagaimanakah penegakan hukum pidana terhadap pelaku kampanye hitam (black campaign) di media sosial dalam pemilihan umum tahun 2019 di Provinsi Sumatera barat?. (2) Apa faktor yang menghambat penegakan hukum pidana terhadap kampanye hitam (black campaign) di media sosial dalam pemilihan umum tahun 2019 di Provinsi Sumatera barat?. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode yuridis-sosiologis (empiris). Lalu digunakan pula sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Maka ditarik simpulan : 1. Bawaslu berperan aktif dalam penegakan hukum tersebut. Ketika ditemukan dugaan kampanye hitam ketika pelaku adalah peserta, penyelenggara, dan tim kampanye maka Bawaslu menanganinya bersama Gakkumdu. Namun ketika yang melakukannya bukan penyelenggara, peserta kampanye, dan tim kampanye maka Bawsalu melimpahkannya ke Polri. 2. Dalam melakukan penegakan terdapat beberapa faktor yang menghambatnya yaitu faktor kebenaran dari syarat formil dan materil serta faktor perundang-undang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penegakan, Hukum Pidana, Kampanye Hitam, Pemilu
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:58
Last Modified: 07 Mar 2023 06:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11660

Actions (login required)

View Item View Item