TINJAUAN KRIMINOLOGIS TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANAK DI KOTA PADANG(Studi di Kepolisian Resor Kota Padang)

Muhammad, Wahyu and Rianda, Seprasia (2023) TINJAUAN KRIMINOLOGIS TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANAK DI KOTA PADANG(Studi di Kepolisian Resor Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (204kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Full Text Skripsi M.Wahyu (1810012111208).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan perilaku anak untuk menjadi dewasa sering terjadi penyimpangan salah satunya penyalahgunaan narkotika. Penyimpangan ini terjadi karena faktor pergaulan dan kurangnya perhatian dari keluarganya. Ketentuan terkait dengan pidana penyalahgunaan narkotika ini diatur dalam Pasal 111 sampai dengan Pasal 129 Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Berdasarkan data di Kepolisian Resort Kota Padang dari tahun 2017-2022 terdapat 43 kasus anak-anak terlibat kasus penyalahgunaan narkotika. Rumusan Masalah: 1) Apakah faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana penyalahgunaan narkotika oleh anak di Kota Padang (Studi di Kepolisian Resor Kota Padang. 2) Bagaimanakah upaya Polresta Padang dalam penanggulangan tindak pidana penyalahgunaan narkotika oleh anak di Kota Padang (Studi di Kepolisian Resor Kota Padang. Metode penelitian adalah yuridis sosiologis, sumber data adalah data primer berupa wawancara dan sekunder berupa statistik kriminal, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen, data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian: 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Kota Padang antara lain: kurangnya perhatian orang tua, rasa penasaran, coba-coba, serta ingin tahu dan faktor pergaulan dengan teman yang berujung pada tindak pidana penyalahgunaan narkotika. 2) upaya Polresta Padang dalam penanggulangan tindak pidana penyalahgunaan narkotika oleh anak di Kota Padang adalah preventif dan represif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kriminologi, Penyalahgunaan, Narkotika, Anak
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:44
Last Modified: 07 Mar 2023 07:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11668

Actions (login required)

View Item View Item