PENGARUH PEMANFAATAN LIMBAH TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI AGREGAT KASAR DAN ZAT ADIKTIF (SIKAMENT LN) PADA CAMPURAN BETON NORMAL

ELSIT FIKRI YANDIKA, YANDIKA and WARDI, WARDI and TAUFIK, TAUFIK (2023) PENGARUH PEMANFAATAN LIMBAH TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI AGREGAT KASAR DAN ZAT ADIKTIF (SIKAMENT LN) PADA CAMPURAN BETON NORMAL. Other thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
file 1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
file 2.pdf

Download (88kB)
[img] Text
file 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemakaian beton semakin besar penggunaannya, namun bahan penyusun yang digunakan semakin mahal dan terbatas, muncul gagasan untuk memanfaatkan sumber daya alam sebagai bahan penyusun dan bahan tambah, salah satu usaha untuk memanfaatkan sumber daya alam adalah dengan menggunakan tempurung kelapa yang dipecah secara manual sebagai pengganti agregat kasar pada beton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh penggunaan limbah tempurung kelapa sebagai substitusi agregat kasar dengan penambahan zat adiktif berupa sikament ln. Penelitian ini dilakukan dengan mengganti persentase tertentu dari berat agregat kasar dengan tempurung kelapa. Beton dicetak menggunakan cetakan silinder berukuran tinggi 30 cm dengan diameter 15 cm. Pengujian dilakukan ketika beton mencapai umur 7,14 dan 28 hari. Uji yang dilakukan adalah uji kuat tekan menggunakan Compression Testing Machine laboratorium Teknologi Beton, FTSP, Universitas Bung Hatta. Hasil dari penelitian yang dilakukan didapat hasil kuat tekan beton untuk beton normal sebesar 30,800 MPa ,sedangkan pada variasi beton limbah tempurung kelapa 2,5 % ditambah ln 1% yaitu 31,706 Mpa, dan limbah tempurung kelapa 7,5 % ditambah ln 1% yaitu sebesar 27,176 Mpa. Jadi dari hasil penelitian yang di peroleh, dengan ditambahkan zat adiktif (sikament ln) dapat mempengaruhi kenaikan kuat tekan beton mencapai mutu yang direncanakan yaitu fc’ = 25 MPa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:05
Last Modified: 07 Mar 2023 08:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item