Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMPN 15 Padang

Radiatul, Husna and Khairudin, Khairudin and Fauziah, Fauziah (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMPN 15 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
5 Radiatul Husna 1410013211035 Cover.pdf

Download (160kB)
[img] Text
5 Radiatul Husna 1410013211035 Abstrak.pdf

Download (114kB)
[img] Text
5 Radiatul Husna 1410013211035 BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
5 Radiatul Husna 1410013211035 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
5 Radiatul Husna 1410013211035 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
5 Radiatul Husna 1410013211035 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
5 Radiatul Husna 1410013211035 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
5 Radiatul Husna 1410013211035 Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang tidak mengikuti pelajaran dengan serius, saat diberikan latihan yang berbeda dengan contoh soal yang dibahas sebelumnya beberapa orang siswa hanya menyalin jawaban temannya, siswa kurang percaya diri untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami kepada guru, pada akhir pembelajaran jika masih ada waktu guru memberikan pertanyaan untuk melihat pemahaman mereka, nyatanya beberapa orang siswa tidak ada menjawab, rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, hasil belajar matematika siswa masih banyak dibawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu cara yang dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proporsi siswa yang melakukan aktivitas selama menerapkan pembelajaran aktif tipe Learning Tournament pada siswa kelas IX SMPN 15 Padang dan untuk mengetahui proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas IX SMPN 15 Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana aktivitas belajar matematika siswa kelas IX SMPN 15 Padang yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament? dan hipotesis penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas IX SMPN 15 Padang. Berdasarkan masalah yang dikemukakan diatas maka jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IX karena siswa kelas VIII sudah naik ke kelas IX. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk pengambilan kelas sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan lot dari populasi yang ada, karena semua kelas homogen. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari 7 indikator aktivitas yang diamati dalam penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament. Dari hasil penelitian jumlah aktivitas siswa kelas eksperimen pada umumnya mengalami peningkatan pada tiap pertemuan. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dengan cara memberikan tes akhir pada kedua kelas sampel yang terdiri dari 7 butir soal. Kemudian hasil tes siswa dianalisis menggunakan uji ��. Diperoleh ������� � = 31,53 dengan db = 1 dan α = 0,05 sehingga diperoleh ������ � = 3,84 dan dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, artinya proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan pembelajaran biasa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu proporsi siswa yang melakukan aktivitas pada pembelajaran yang menggunakan startegi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament mengalami peningkatan dan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih baik dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa. Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan pada guru yang mengajar matematika di SMPN 15 Padang juga menggunakan strategi pembelajaran ini dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:43
Last Modified: 27 May 2021 04:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item