PELAKSANAAN PENGELOLAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN PESISIR SELATAN DI KECAMATAN IV JURAI

Andre Zulma, Savputra and Desmal, Fajri (2023) PELAKSANAAN PENGELOLAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN PESISIR SELATAN DI KECAMATAN IV JURAI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN ANDRE ZULMA SAVPUTRA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ANDRE ZULMA SAVPUTRA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ANDRE ZULMA SAVPUTRA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI ANDRE ZULMA SAVPUTRA 19-013 PK PERDATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Zakat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan seorang muslim/muslimah. Badan penyalur zakat di Indonesia adalah Badan Amil Zakat Nasional yang dibentuk pemerintah. Zakat produktif adalah harta yang diberikan kepada mustahiq sebagai modal untuk menjalankan suatu kegiatan ekonomi. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah pendistribusian dana zakat produktif Badan Amil Zakat Nasional di Kecamatan IV Jurai? 2) Apakah kendala pendistribusian dana zakat produktif Badan Amil Zakat Nasional di Kecamatan IV Jurai? 3) Bagaimakah cara mengatasi kendala pendistribusian dana zakat produktif Badan Amil Zakat Nasional di Kecamatan IV Jurai? Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum sosiologis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian: 1) Pendistribusian dana zakat produktif Badan Amil Zakat Nasional di Kecamatan IV Jurai dengan memberikan proposal permohonan. 2) Kendala pendistribusian dana zakat produktif Badan Amil Zakat Nasional di Kecamatan IV Jurai yaitu jangkauan area yang luas, keterbatasan personal yang dimiliki Baznas, dan modal yang tidak memadai 3) Cara mengatasi kendala dalam pendistribusian dana zakat produktif Badan Amil Zakat Nasional di Kecamatan IV Jurai mengutus petugas sebanyak 2 (dua) orang untuk melakukan peninjauan, melakukan pengawasan jarak jauh melalui media telepon, dan mengajak masyarakat untuk membayar zakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:40
Last Modified: 08 Mar 2023 02:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11709

Actions (login required)

View Item View Item