Anis, Rachmawati and Khairudin, Khairudin and Edrizon, Edrizon (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika, Interaktif Berbasis Konstruktivis Untuk Siswa Kelas VII SMP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
6 Anis Rachmawati 1410013211029 Cover.pdf Download (127kB) |
|
Text
6 Anis Rachmawati 1410013211029 Abstrak.pdf Download (125kB) |
|
Text
6 Anis Rachmawati 1410013211029 BAB I.pdf Download (190kB) |
|
Text
6 Anis Rachmawati 1410013211029 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
6 Anis Rachmawati 1410013211029 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
6 Anis Rachmawati 1410013211029 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
Text
6 Anis Rachmawati 1410013211029 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
Text
6 Anis Rachmawati 1410013211029 Daftar Pustaka.pdf Download (128kB) |
Abstract
Seiring dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini, membawa perubahan dalam bidang pendidikan. Pendidik diharapkan dapat memanfaatkan hasil-hasil perkembangan teknologi, salah satunya dalam bentuk media pembelajaran. Masih rendahnya perhatian dan partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran matematika, belum bervariasinya penggunaan media berbantuan komputer, serta waktu yang relatif lama dalam menyampaikan dan memberikan pemahaman materi penyajian data menjadi kendala yang dihadapi pendidik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis konstruktivis pada materi penyajian data kelas VII SMP. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Media ini akan dilengkapi dengan materi, contohcontoh soal latihan dan evaluasi, bersumber dari bahan ajar yang relevan, kemudian dikemas dalam bentuk CD pembelajaran interaktif. Media ini akan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai satu kesatuan dalam penggunaan media ini. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis konstruktivis pada materi penyajian data kelas VII SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan 5 tahapan yaitu tahap konsep, tahap perancangan, tahap pengumpulan materi, tahap pembuatan, dan tahap ujicoba. Validasi dilakukan oleh para ahli yang terdiri dari tiga orang dosen dan satu orang guru, untuk melihat apakah media pembelajaran ini sudah valid. Dari hasil analisis angket uji validitas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika interaktif berbasis konstruktivis ini valid, sebesar 88,20%. Sedangkan uji praktikalitas yang dilaksanakan oleh 14 orang peserta didik dinyatakan sangat praktis, yakni sebesar 90,87%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika interaktif berbasis konstruktivis pada materi penyajian data kelas VII SMP ini valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan dan pembaharuan media pembelajaran tersebut karena pada penelitian ini hanya sampai pada uji coba skala kecil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 02:48 |
Last Modified: | 27 May 2021 04:26 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1171 |
Actions (login required)
View Item |