PERBAIKAN KUALITAS PADA KEMASAN PRODUK SALISIL TALK WANGI DENGAN SIKLUS DEFINE, MEASURE, ANALYZE, IMPROVE AND CONTROL (DMAIC) UNTUK MEMINIMASI PRODUK CACAT DI PT.NUSANTARA BETA FARMA

Nadhif, Khairi and Lestari, Setiawati (2023) PERBAIKAN KUALITAS PADA KEMASAN PRODUK SALISIL TALK WANGI DENGAN SIKLUS DEFINE, MEASURE, ANALYZE, IMPROVE AND CONTROL (DMAIC) UNTUK MEMINIMASI PRODUK CACAT DI PT.NUSANTARA BETA FARMA. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB KESIMPULANA SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (396kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada pada kemasan produk Salisil Talk Wangi di PT. Nusantara Beta Farma. Perusahaan memiliki batasan produk cacat perharinya yaitu sebesar 5%. Sedangkan dalam produksi sehari-sehari masih diatas batasan yang diresmikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penyebab cacat produk salisil talk wangi, membuat SOP ada produk salisil talk wangi dan meminimasi cacat produk salisil talk wangi sesuai dengan batasan. Penelitian ini menggunakan metode DMAIC dimana ada tahap define dilakukan identfikasi standar produk dan identifikasi jenis cacat. Pada tahap measure dilakukan perhitungan UCL,LCL,CL dan proporsi cacat dan membuat peta kendali. Pada tahap analyze membuat diagram pareto dan membuat tree diagram. Pada tahap improve membuat FMEA dan usulan perbaikan. Pada tahap control membuat checksheet. Berdasarkan hasil penelitian, proporsi cacat diangka 8% rata-rata/bulan sehingga diperlukan analisa untuk mengatasi masalah cacat pada produk. Didapatkan bahwa permasalahan terbesar yaitu tidak ada benang pada kemasan dan kebocoran yang menjadi prioritas untuk dilakukan penanganan agar dapat mengurangi jumlah cacat yang terjadi. Berdasarkan permasalahan dibuat SOP untuk mengurangi kesalahan yang dilakukan pekerja dalam melakukan kegiatan produksi. Dan menggunakan checksheet untuk mengetahui cacat produksi perharinya untuk mengetahui bahwa produksi tidak mengalami cacat produk lebih tinggi daripada batasan yang telah ditentukan perusahaan. Setelah diajukan SOP dan checksheet, perhitungan proporsi cacat sebesar 4%. Maka metode tersebut dapat digunakan untuk meminimasi produk cacat pada kemasan Salisil Talk Wangi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:48
Last Modified: 08 Mar 2023 02:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11781

Actions (login required)

View Item View Item