IMPLEMENTASI PELAKSANAAN HAK KESEHATAN NARAPIDANA LANJUT USIA (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB PADANG)

Giovankha, Kania Faradilla and Deaf, Wahyuni Ramadhani (2023) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN HAK KESEHATAN NARAPIDANA LANJUT USIA (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB PADANG). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File_1_Respository.pdf

Download (722kB)
[img] Text
File_2_Respository.pdf

Download (89kB)
[img] Text
File_3_Respository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

IMPLEMENTASI PELAKSANAAN HAK KESEHATAN NARAPIDANA LANJUT USIA (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB PADANG Giovankha Kania Faradilla1, Deaf Wahyuni Ramadhani1 1Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta E-mail: giovankha@gmail.com ABSTRAK Narapidana lanjut usia dengan keterbatasan kesehatan fisik dan mental membutuhkan perlakuan khusus di bidang pelayanan kesehatan, sebagaimana diatur dalam Pasal 9 huruf d Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyaratakatan. Di dalam LPP Kelas IIB Padang terdapat 2 (dua) orang narapidana lanjut usia yang ditempatkan di dalam sel khusus yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah implementasi pelaksanaan hak kesehatan narapidana lanjut usia di LPP Kelas IIB Padang?; 2) Apakah kendala yang dihadapi dalam mengimplementasi pelaksanaan hak kesehatan narapidana lanjut usia di LPP IIB Padang? Jenis penelitian yuridis empiris; sumber data berasal dari data primer (wawancara) dan data sekunder (statistik kriminal); teknik pengumpulan data dengan studi dokumen dan wawancara, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian: 1) Impelementasi pelaksaan hak kesehatan narapidana lanjut usia di LPP Kelas IIB Padang belum terpenuhi sesuai peraturan yang berlaku; 2) Kendala yang dihadapi dalam memenuhi hak kesehatan narapidana lanjut usia di LPP Kelas IIB Padang: internal (SDM dokter yang bertugas di LPP, pemahaman petugas LPP, sarana dan prasarana) dan tidak terdapat kendala eksternal. Kata kunci: hak kesehatan, narapidana, lanjut usia, LPP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:34
Last Modified: 08 Mar 2023 03:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11786

Actions (login required)

View Item View Item