Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Mutu Serta Kehigienisan Makanan Jajanan Di Kota Padang

Windania, Salsabilla and Yofiza, Media (2023) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Mutu Serta Kehigienisan Makanan Jajanan Di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER. HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI WINDANIA SALSABILLA - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Makanan jajanan adalah makanan dan minuman yang dijualan atau disajikan sebagai makanan siap santap untuk dijual bagi umum selain yang disajikan jasa boga, rumah makan/restoran, dan hotel. Negara wajib untuk mewujudkan ketersedian dan pemenuhan konsumsi makanan yang aman, higienis dan bermutu agar makanan tersebut layak untuk dikonsumsi oleh konsumen. Untuk menjamin perlindungan konsumen terhadap keamanan mutu dan kehigienisan tersebut diperlukan pengawasan agar tercipta suatu keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum. Pengawasan tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Padang. Rumusan Masalah :(1)Bagaimanakah pelaksanaan pengawasan Dinas Kesehatan terhadap mutu serta kehigienisan makanan jajanan dalam memberikan perlindungan hukum bagi konsumen? (2) Bagaimanakah kendala dalam pelaksanaan pengawasan oleh Dinas Kesehatan tersebut? (3) Bagaimanakah cara Dinas Kesehatan mengatasi kendala dalam pelaksanaan pengawasan terhadap mutu serta kehigienisan makanan jajanan dalam memberikan perlindungan hukum bagi konsumen?. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis. Sumber data yang digunakan data sekunder dan data primer.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen. Data dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan pengawasan dilakukan oleh Dinas Kesehatan sebagai koordinator dan Puskesmas sebagai pelaksana (2) Kendala dalam pelaksanaan pengawasan tersebut adalah kendala internal dan kendala eksternal. 3) Cara mengatasi kendala tersebut dengan melakukan tindakan preventif dan tindakan represif. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Pengawasan, Kehigienisan dan Mutu, Makanan Jajanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:51
Last Modified: 08 Mar 2023 04:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item