Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Teknik Probing-Prompting untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IIS di SMAN 13 Padang

Novika, Putri Danita and Syukma, Netti and Puspa, Amelia (2020) Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Teknik Probing-Prompting untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IIS di SMAN 13 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
10 Novika Putri Danita 1410013211055 Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
10 Novika Putri Danita 1410013211055 Abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text
10 Novika Putri Danita 1410013211055 BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
10 Novika Putri Danita 1410013211055 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
10 Novika Putri Danita 1410013211055 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
10 Novika Putri Danita 1410013211055 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
10 Novika Putri Danita 1410013211055 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
10 Novika Putri Danita 1410013211055 Daftar Pustaka.pdf

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika yang berdasarkan persentase nilai siswa kelas XI IIS SMAN 13 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Ujian Matematika Akhir Semester Kelas X IIS SMAN 13 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018 masih di bawah nilai KKM. Rendahnya hasil belajar matematika siswa ini disebabkan siswa kurang aktif saat proses pembelajaran matematika, proses berfikir siswa belum optimal dalam pembelajaran matematika dan kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif teknik Probing-Prompting. Dengan diterapkannya model ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untpuk membuktikan penerapan model pembelajaran inovatif teknik Probing-Prompting dapat berdampak pada pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IIS SMAN. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran inovatif teknik Probing-Prompting lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas XI IIS SMAN 13 Padang Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IIS SMAN 13 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data tes pemahaman konsep siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata pada taraf kepercayaan . Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3.63 dan t(0.9555) = 1.6725 maka thitung > t(0.95 ; 55), sehingga hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran inovatif teknik Probing-Prompting lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas XI IIS SMAN 13 Padang. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru matematika dan pembaca dapat menerapkan model pembelajaran inovatif teknik Probing-Prompting ini sebagai salah satu alternatif meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:48
Last Modified: 27 May 2021 04:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item View Item