Wangi, Mashitah and Rita, Desfitri and Fauziah, Fauziah (2020) Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
11 Wangi Mashitah 1410013211065 Cover.pdf Download (68kB) |
|
Text
11 Wangi Mashitah 1410013211065 Abstrak.pdf Download (97kB) |
|
Text
11 Wangi Mashitah 1410013211065 BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
11 Wangi Mashitah 1410013211065 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
Text
11 Wangi Mashitah 1410013211065 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
11 Wangi Mashitah 1410013211065 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
11 Wangi Mashitah 1410013211065 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
11 Wangi Mashitah 1410013211065 Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang, berdasarkan persentase nilai siswa tahun pelajaran 2018/2019 pada ujian akhir semester genap kelas VII Tahun pelajaran 2017/2018 yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Rendahnya hasil belajar siswa ini disebabkan karena mereka kesulitan dalam memahami soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. Dengan diterapkannya model pembelajaran ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan Pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic lebih baik dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 31 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan VIII.7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data tes akhir pemecahan masalah matematika siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata (t-test) pada taraf kepercayaan � = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh ��� �� = 2,17 dan ���,��;��� = 1,67 maka ��� �� > ���,��;���, sehingga hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic lebih baik dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 31 Padang tahun pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 03:52 |
Last Modified: | 27 May 2021 04:19 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1186 |
Actions (login required)
View Item |