Siti, Syarah and Zulfa, Amrina and Fauziah, Fauziah (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
13 Siti Syarah 1410013211062 Cover.pdf Download (110kB) |
|
Text
13 Siti Syarah 1410013211062 Abstrak.pdf Download (329kB) |
|
Text
13 Siti Syarah 1410013211062 BAB I.pdf Download (270kB) |
|
Text
13 Siti Syarah 1410013211062 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text
13 Siti Syarah 1410013211062 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
Text
13 Siti Syarah 1410013211062 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text
13 Siti Syarah 1410013211062 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
Text
13 Siti Syarah 1410013211062 Daftar Pustaka.pdf Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang berdasarkan persentase nilai Ujian Mid Semester Ganjil siswa VIII SMPN 26 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 26 Padang salah satunya disebabkan karena pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 26 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMPN 26 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 26 Padang yang terdiri dari 8 kelas tetapi peneliti hanya observasi pada 5 kelas dikarenakan kebijakan yang diberikan oleh kepala sekolah bahwa hanya satu guru yang menjadi guru pembimbing dalam penelitian ini dan guru tersebut mengajar di kelas VIII-3, VIII-4, VIII-5, VIII-6, dan VIII-7. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data tes akhir, pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, dengan uji perbedaan rata-rata dengan taraf diperoleh dan berarti sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson lebih baik dari hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru matematika dan pembaca dapat menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu usaha untuk menjadikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 06:28 |
Last Modified: | 27 May 2021 04:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1188 |
Actions (login required)
View Item |