PELAKSANAAN KEWENANGAN PENYIDIK SATUAN KEPOLISIAN LALU LINTAS RESOR KOTA PADANG DALAM MELAKUKAN PENYITAAN BARANG BUKTI PELANGGARAN LALU LINTAS

Rima, Arnita and Rianda, Seprasia (2023) PELAKSANAAN KEWENANGAN PENYIDIK SATUAN KEPOLISIAN LALU LINTAS RESOR KOTA PADANG DALAM MELAKUKAN PENYITAAN BARANG BUKTI PELANGGARAN LALU LINTAS. Other thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BB PENDAHULUAN.pdf

Download (989kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB) | Request a copy

Abstract

Kewenangan penyidik kepolisian lalu lintas dalam melakukan penyitaan barang bukti milik pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas diatur dalam Pasal 260 ayat (1) Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sebagaimana data pelanggaran lalu lintas pada Operasi Zebra Singgalang oleh Polres Padang telah terjaring 308 pelanggar lalu lintas. Rumusan masalah adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan kewenangan penyidik satuan Kepolisian Lalu Lintas Resor Kota Padang dalam melakukan penyitaan barang bukti pelanggaran lalu lintas? 2) Apa sajakah kendala yang ditemui oleh penyidik satuan Kepolisian Lalu Lintas Resor Kota Padang dalam melakukan penyitaan barang bukti pelanggaran lalu lintas?. Jenis penelitian adalah yuridis sosiologis. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian 1) Penyidik dalam melakukan penyitaan barang bukti berupa SIM atau STNK adalah sebagai jaminan bagi penyidik dari pengendara untuk mengikuti persidangan (tipiring) dan membayar denda yang sudah ditentukan. 2). Kendala-kendala yang dihadapi penyidik kepolisian lalu lintas Resort Kota Padang dalam melakukan penyitaan adalah kurangnya personil dalam melakukan penindakan, kurangnya kesadaran pengendara kendaraan dalam mematuhi ketentuan berlalu lintas dan masih adanya pengendara yang kabur pada saat razia sehingga dapat memicu dan menyebabkan terjadinya kemacetan ataupun kecelakaan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepolisian, penyitaan, barang bukti, pelanggar Lalu Lintas
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:52
Last Modified: 08 Mar 2023 01:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item View Item