Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Pariaman

Ilham, Agus Saputra and Fazri, Zuzano and Yusri, Wahyuni (2020) Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
15 Ilham Agus Saputra 1410013211022 Cover.pdf

Download (88kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
15 Ilham Agus Saputra 1410013211022 Abstrak.pdf

Download (201kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
15 Ilham Agus Saputra 1410013211022 BAB I.pdf

Download (848kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
15 Ilham Agus Saputra 1410013211022 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
15 Ilham Agus Saputra 1410013211022 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
15 Ilham Agus Saputra 1410013211022 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
15 Ilham Agus Saputra 1410013211022 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
15 Ilham Agus Saputra 1410013211022 Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika, serta untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami oleh siswa yang memiliki gaya kognitif berupa field Dependent(FD) dan field Independent(FI). Ditambah lagi, nilai ulangan harian matematika siswa kelas IX SMP Negeri 5 Pariaman tahun pelajarana 2018/2019 masih banyak yang dibawah KKM. Untuk itu perlu dilakukan analisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa yang ditinjau dari gaya kognitif, serta mendeskripsikan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan tersebut. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas IX SMP Negeri 5 Pariaman yang ditinjau dari gaya kognitifnya dalam menyelesaikan soal tentang bangun ruang sisi datar beserta penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Pariaman. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas IX.4 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik dan wawancara. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa : 1) siswa yang mengalami kesulitan konsep 37,04% didapatkan bahwa 3 orang field dependent (FD) dan 1 orang field independent (FI) dari 4 siswa kesulitan konsep yang diwawancarai, 2) kesulitan prinsip 18,52% didapatkan bahwa semua siswa tersebut field independent (FI) dari 4 siswa kesulitan prinsip yang diwawancarai, 3) kesulitan algoritma 63% didapatkan bahwa 3 orang field dependent (FD) dan 1 orang field independent (FI) dari 4 siswa kesulitan algoritma yang diwawancarai, 4) kesulitan konsep dan prinsip 0%, 5) kesulitan konsep dan algoritma 18,52%, 6) kesulitan prinsip dan algoritma 0%, dan 7) kesulitan konsep, prinsip, dan algoritma 14,82%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dan gaya kognitif field independent (FI) mengalami kesulitan adalah : 1) faktor internal berupa, kemampuan akademis, cara belajar, dan kondisi fisiologis, 2) faktor eksternal berupa cara guru mengajar, dan fasilitas belajar. Dari hasil penelitian disarankan Sebaiknya guru dalam mengajar juga melihat dari aspek gaya kognitif siswa dan lebih fokus pada pemahaman siswa terhadap materi, setelah itu memperhatikan materi prasyarat yang harus dikuasai siswa sebelum menjelaskan materi baru. Selain itu, sebaiknya guru melakukan analisis terhadap kesulitan yang sering dialami siswa dalam menyelesaikan soal sehingga dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 06:54
Last Modified: 27 May 2021 04:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item