PENERAPAN TATA CARA KERINGANAN, PENGURANGAN DAN PEMBEBASAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DAN BEA BALIK NAMA PAJAK KENDARAAN BERMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI SAMSAT PAYAKUMBUH

Jumaidi Agus Iasra, Jumaidi and Maiyestati, Maiyestati (2023) PENERAPAN TATA CARA KERINGANAN, PENGURANGAN DAN PEMBEBASAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DAN BEA BALIK NAMA PAJAK KENDARAAN BERMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI SAMSAT PAYAKUMBUH. Other thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
skripsi jumaidi agus iasra FILE 1.pdf

Download (901kB)
[img] Text
skripsi jumaidi agus iasra FILE 2.pdf

Download (47kB)
[img] Text
skripsi jumaidi agus iasra FILE 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat mengalami penurunan kemampuan membayar PKB dan BBNKB yang disebabkan oleh dampak Corona, sehingga perlu dipulihkan melalui kebijakan pembebasan pembayaran pajak serta penghapusan sanksi administratif dengan lahirnya Peraturan Gubernur Sumatera Barat No 31 Tahun 2022. Rumusan Masalah: 1.Bagaimana Samsat Kota Payakumbuh dalam penerapan tata cara keringan, pengurangan dan pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor untuk meningkatkan kepatuhan wajib Pajak? 2.Apasaja kendala-kendala Samsat Kota Payakumbuh dalam penerapan tata cara keringan, pengurangan dan pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor untuk meningkatkan kepatuhan wajib Pajak? 3.Apasaja upaya-upaya Samsat Kota Payakumbuh dalam penerapan tata cara keringan, pengurangan dan pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor untuk meningkatkan kepatuhan wajib Pajak? Jenis penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian adalah 1)Melaksanakan penerapan program pemutihan sesuai dengan Peraturan Gubernur Sumatera Barat No 31 Tahun 2022. 2)Kendala yang dialami Samsat Kota payakumbuh yaitu Masyarakat masih banyak yang belum mengetahui tentang Program pemutihan dan juga kesadaran masyarakat dalam membayar pajak masih rendah. 3)Upaya yang dilakukan oleh Samsat Kota Payakumbuh Melakukan Sosialisasi kepada Kecamatan, Keluarahan/Kantor Walinagari serta RW, RT disampaikan juga kepada masyarakat dan juga melakukan razia rutin selama masa program pemutihan. Kata Kunci: Pemutihan, SAMSAT, PKB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:56
Last Modified: 08 Mar 2023 04:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11910

Actions (login required)

View Item View Item