Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Pembelajaran Matematika siswa Kelas VIII SMPN 2 V Koto Kampung Dalam

Jihada, Dina Putri and Fazri, Zuzano and Puspa, Amelia (2020) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Pembelajaran Matematika siswa Kelas VIII SMPN 2 V Koto Kampung Dalam. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
17 Jihada Dina Putri 1310013211005 Cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
17 Jihada Dina Putri 1310013211005 Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
17 Jihada Dina Putri 1310013211005 BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
17 Jihada Dina Putri 1310013211005 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
17 Jihada Dina Putri 1310013211005 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
17 Jihada Dina Putri 1310013211005 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
17 Jihada Dina Putri 1310013211005 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
17 Jihada Dina Putri 1310013211005 Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 V Koto Kampung Dalam, dalam pembelajaran matematika. Sesuai dengan latar belakang masalah, dalam proses pembelajaran terlihat bahwa pembelajaran tersebut masih terpusat kepada guru, siswa hanya menerima materi yang diberikan guru dan siswa kurang mampu untuk memahaminya. Ketika guru memberikan contoh soal, terlihat hanya beberapa orang siswa saja yang merespon dari contoh soal yang diberikan guru, sehingga kurang terjadi interaksi antara guru dan siswa. Untuk itu salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran model Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Group Investigation lebih baik, jika dibandingkan pada siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran biasa. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Group Investigation lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 2 V Koto Kampung Dalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 V Koto Kampung Dalam tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 59 orang siswa. Sampel diambil dua kelas secara acak terpilih kelas VIII1 sebagai kelas kontrol dan VIII3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika siswa. Data hasil belajar matematika siswa diperoleh dengan memberikan tes akhir kepada kedua kelas sampel. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh ���,��;��� = 1,69 . Dari perhitungan diperoleh � ����� > ���,��;��� yaitu 8,216 > 1,69, maka H� ∶ �� = �� ditolak atau hipotesis H� ∶ �� > �� diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran model Group Investigation lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan kepada guru bidang studi matematika untuk menerapkan model Group Investigation dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 08:04
Last Modified: 27 May 2021 04:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1192

Actions (login required)

View Item View Item