Analisis Kesulitan dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Adabiah Padang

Riadani, Riadani and Rita, Desfitri and Puspa, Amelia (2020) Analisis Kesulitan dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Adabiah Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
21 RIADANI 1310013211011 Cover.pdf

Download (66kB)
[img] Text
21 RIADANI 1310013211011 Abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
21 RIADANI 1310013211011 BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
21 RIADANI 1310013211011 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
21 RIADANI 1310013211011 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
21 RIADANI 1310013211011 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
21 RIADANI 1310013211011 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
21 RIADANI 1310013211011 Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah matematika materi perbandingan. Selain itu, nilai ulangan semester genap matematika siswa kelas VII SMP Adabiah Padang tahun ajaran 2017/2018 masih banyak yang di bawah nilai KKM. Untuk itu perlu dilakukan analisis kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi perbandingan. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Adabiah Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII1 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa hasil tes siswa dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami soal sebanyak 90%, 2) siswa yang mengalami kesulitan dalam merencanakan penyelesaian soal sebanyak 99%, 3) siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal sebanyak 73%) pada memeriksa kembali tidak ada siswa yang memeriksa kembali proses dan jawabannya. Berdasarkan wawancara dan hasil tes ditemukan beberapa penyebab kesulitan siswa dalam menjawab soal matematika, yaitu yang berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Dari hasil penelitian, saran yang dapat peneliti berikan agar kesulitan yang dialami siswa dapat dikurangi yaitu sebaiknya guru memberikan soal latihan yang dikerjakan oleh siswa dalam bentuk soal cerita. Kemudian guru sebaiknya melakukan analisis terhadap kesulitan yang sering dialami siswa dalam menjawab soal sehingga dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 08:32
Last Modified: 27 May 2021 03:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item