Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 34 Padang

Iis, Sriyanti and Susi, Herawati and Niniwati, Niniwati (2020) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 34 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
23 IIS SRIYANTI 1410013211068 Cover.pdf

Download (59kB)
[img] Text
23 IIS SRIYANTI 1410013211068 Abstrak.pdf

Download (99kB)
[img] Text
23 IIS SRIYANTI 1410013211068 BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
23 IIS SRIYANTI 1410013211068 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
23 IIS SRIYANTI 1410013211068 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
23 IIS SRIYANTI 1410013211068 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
23 IIS SRIYANTI 1410013211068 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
23 IIS SRIYANTI 1410013211068 Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor tersebut dapat berasal dari luar maupun dalam diri siswa itu sendiri. Salah satu faktor dari dalam adalah kecerdasan. Manusia dianugerahi kecerdasan yang bermacam-macam oleh Allah SWT. Menurut Howard Gardner kecerdasan ada sembilan macam, salah satunya adalah kecerdasan logis-matematis. Kecerdasan logis matematis berkaitan dengan logika dan matematika sehingga sangat dibutuhkan dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 34 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah adanya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 34 Padang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 34 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel kelas VIII.5 sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kecerdasan logis matematis dan tes hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Besarnya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai ��� = 0,42 dan koefisien determinasi � = 0,1764, artinya kecerdasan logis matematis memberikan konstribusi sebesar 17,64% terhadap hasil belajar matematika siswa dengan persamaan regresi � = 13,47 + 0,78X. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru memahami tingkat kecerdasan logis matematis siswanya, sehingga mampu memilih metode pembelajaran yang nantinya diterapkan dalam proses pembelajaran guna mengembangkan kecerdasan logis matematis dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 08:39
Last Modified: 27 May 2021 03:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item