Tindak Tutur Asertif Guru Bahasa Indonesia dan Respon Siswa dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang

Muthia, Fresciliana and syofiani, syofiani (2023) Tindak Tutur Asertif Guru Bahasa Indonesia dan Respon Siswa dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (339kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Muthia Fresciliana. 2023. “Tindak Tutur Asertif Guru Bahasa Indonesia dan Respon Siswa dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur asertif guru bahasa Indonesia dan respon siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori tindak tutur asertif oleh Yule (2006:92). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah bentuk tindak tutur asertif guru bahasa Indonesia dan respon siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia ketika melakukan interaksi tindak tutur dalam kelas dan respon siswa kelas VIII saat proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) menstranskripsikan dan mengklasifikasikan secara keseluruhan bentuk tindak tutur guru Bahasa Indonesia dan respon siswa dalam proses pembelajaran, (2) menganalisis bentuk tindak tutur asertif guru dalam proses pembelajaran, (3) menginterprestasikan data yang telah ditemukan, dan (4) menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap Tindak Tutur Asertif Guru Bahasa Indonesia dan Respon Siswa dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang, tindak tutur asertif bahasa Indonesia menjadi salah satu tindak tutur yang berpotensi besar digunakan saat proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan 92 tuturan yang ditemukan pada kegiatan belajar siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Tindak tutur asertif yang terdiri dari enam jenis (1) menyatakan, diperoleh sebanyak 25 data, (2) mengusulkan, diperoleh 27 data, (3) mengeluh, diperoleh 8 data, (4) mengemukakan pendapat, diperoleh 10 data, (5) melaporkan, diperoleh 22 data, serta respon siswa ditemukan sebanyak 63 respon verbal dan 30 respon non verbal yang terdiri dari (1) tindak tutur menyatakan sebanyak 15 respon verbal dan 11 respon non verbal, (2) tindak tutur mengusulkan sebanyak 19 respon verbal dan 8 respon non verbal, (3) tindak tutur mengeluh sebanyak 4 respon verbal dan 4 respon non verbal, (4) tindak tutur mengemukakan pendapat sebanyak 8 respon verbal dan 2 respon non verbal, (5) tindak tutur melaporkan sebanyak 17 respon verbal dan 5 respon non verbal. Dengan demikian, dapat disimpulkan tindak tutur guru yang banyak ditemukan adalah tindak tutur asertif mengusulkan, karena guru sering mengusulkan perihal sesuatu yang berkaitan dengan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dan respon siswa terhadap tuturan guru lebih dominan pada respon verbal. . Kata kunci : tindak tutur, asertif, respon

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Mar 2023 04:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12011

Actions (login required)

View Item View Item