Hermanda, Dwiva Bertha and Har, Erman (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 03 ALAI PPADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (899kB) |
|
Text
bab 1 pdf.pdf Download (343kB) |
|
Text
Skripsi DWIVA BERTHA HERMANDA 19-080.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Time Token dari hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Time Token di kelas V dalam pembelajaran konvensional di SDN 03 Alai Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Intrumen yang digunakan berupa tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Alai Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VD kelas eksperimen dan VB kelas kontrol, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Berdasarkan data tes akhir menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen (84,5) dengan persentase ketuntasan 78% lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol (78,4) dengan persentase ketuntasan 72%. Berdasar uji-t sampel independen dengan α 0,05 diperoleh thitung= 2,713 dan ttabel = 1,673 ini artinya thitung > ttabel.Dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Time Token lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar IPA dengan pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Time Token bisa digunakan guru untuk dijadikan alternatif variasi dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 07:26 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 07:26 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12047 |
Actions (login required)
View Item |