PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 03 ALAI PADANG

Putri, Elsi Nariza and Hendri, Wince (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 03 ALAI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
DAFTAR ISI ELSI NARIZA PUTRI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan dan Saran Elsi Nariza Putri.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Full skripsi Elsi Nariza Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 03 Alai Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekseprimen. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas V SDN 03 Alai Padang dengan kelas VE sebagai kelas eksperimen, kelas VD sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Validator soal dilakukan oleh dosen dan guru kelas VA SDN 28 Korong Gadang Padang. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data hasil belajar yang didapat melalui tes akhir (postest). Berdasarkan data tes akhir menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen (75,17) dengan persentase ketuntasan 52% lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol (62,42) dengan persentase ketuntasan 32%. Berdasarkan uji-t pada taraf nyata α=0,05 diperoleh thitung = 2,85 dan ttabel 1,67 ini artinya thitung > ttabel. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Untuk ini disarankan pada guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam proses pembelajaran pada materi berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:44
Last Modified: 09 Mar 2023 07:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12050

Actions (login required)

View Item View Item