ANALISA PERENCANAAN EMBUNG LIMAU MANIH NAGARI KOTO NAN TIGO IV KOTO HILIE KECAMATAN BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN

Wulan, Dahri and Nasfryzal, Carlo (2023) ANALISA PERENCANAAN EMBUNG LIMAU MANIH NAGARI KOTO NAN TIGO IV KOTO HILIE KECAMATAN BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
TA II Edit 14 Feb ( SKRIPSI ) 1.pdf

Download (896kB)
[img] Text
TA II Edit 14 Feb ( SKRIPSI ) 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TA II Edit 14 Feb ( SKRIPSI ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Embung adalah suatu konstruksi bangunan dengan kapasitas tampungan sebesar sebagai salah satu sarana pemanfaatan sumberdaya air yang berfungsi untuk menyimpan dan penyediaan air untuk kebutuhan. Embung merupakan waduk pertanian yang dibangun untuk menampung air hujan di musim hujan. Secara operasional embung berfungsi untuk mendistribusi kan dan menjamin kontinuitas ketersediaan pasokan air untuk keperluan tanaman atau punternak di musim kemarau dan peng hujan. Maka dari itu dilaku kan perencanaan embung, salahsatu tempat untuk meningkatkan produksi pangan khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Dalam perencanaan Embung, pembahasan meliputi analisa hidrologi, Analisa Hidrolis dan perhitungan stabilitas, kapasitas tampungan, ketersidaan air baku. Perhitungan mercu embung menggunakan mercu bulat dengan elevasi puncak pada +41,00m , Volume Tampungan sebesar 4208 m3 diharapkan embung ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sebanyak 834,854 KK (Kepala Keluarga), Untuk stabilitas embung dikontrol terhadap guling dan geser pada saat kondisi air normal angka keamanan terhadap Guling 2,174 dan Geser 1,564 dan pada saat kondisi air banjir angka keamanan terhadap Guling 3,638 dan Geser 10,216 bedasarkan hal ini dapat Disimpulkan dalam perencanaan tubuh embung dinyatakan aman saat air normal dan banjir. Kata Kunci: Embung, Kapasitas Tampungan, Analisa Hidrologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:00
Last Modified: 09 Mar 2023 03:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item View Item