REVALENSI EKTOPARASIT UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) PADA TAMBAK UDANG DI NAGARI TIKU, KECAMATAN TANJUNG MUTIARA, KABUPATEN AGAM.

Nawir, Muhar and Alfa Bintang, Alfa Bintang (2023) REVALENSI EKTOPARASIT UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) PADA TAMBAK UDANG DI NAGARI TIKU, KECAMATAN TANJUNG MUTIARA, KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, LEMBAR PENGESAHAN, RINGKASAN.pdf

Download (590kB)
[img] Text
ii. PENDAHULUAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
iii. KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
iv. FULTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Jenis, Prevalensi, Intensitas, dan Dominasi Ektoparasit pada udang vanamei (Litopenaeus vannamei) pada tambak udang di Nagari Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2022, bertempat di Nagari Tiku, Laboratorium Padi Universitas Bung Hatta, dan Laboratorium Kimia Universitas Bung Hatta. Metode penelitian ini adalah metode observasi dan untuk menetapkan stasiun pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan menetapkan 3 stasiun penelitian yaitu tambak udang CV. Fajar Mutiara, tambak udang Berkah, dan tambak udang Torpedo. Sampel diteliti dan diamati di laboratorium Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Bung Hatta, dan pengamatan kualitas air di laboratorium kimia Universitas Bung Hatta. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat 3 jenis ektoparasit yang menyerang udang vanamei (Litopenaeus vannamei) yaitu Zoothamnium sp., Vorticella sp., dan Epistylis sp. Stasiun I memperoleh tingkat prevalensi 100% (infeksi selalu) dan tingkat intesitas 34,25 ind/ekor (sedang). Stasiun II memperoleh tingkat prevalensi 25% (infeksi sering) dan tingkat intensitas 0,25 ind/ekor (sangat rendah). Stasiun III memperoleh tingkat prevalensi 75% (infeksi biasa) dan tingkat intensitas 10,5 ind/ekor (sedang). Tingkat dominasi pada udang vaname (Litopenaeus vannamei) yaitu Zoothamnium sp. dengan tingkat dominasi 24,44 %, Vorticella sp. dengan tingkat dominasi tertinggi yaitu 63,33%, dan Epistylis sp. dengan tingkat dominasi 12,22%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: BDP FPIK
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:17
Last Modified: 09 Mar 2023 04:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12101

Actions (login required)

View Item View Item