Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Student Teams Achievement Division (STAD) di SDN 08 Surau Gadang Padang

Fajriani, Riza and Alyusfitri, Rieke (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Student Teams Achievement Division (STAD) di SDN 08 Surau Gadang Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER RIZAAA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN RIZA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
ABSTRAK RIZA.pdf

Download (374kB)
[img] Text
DAFTAR ISI RIZAAAA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I RIZAA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB V RIZA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
SKRIPSI + LAMPIRAN RIZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV A SDN 08 Surau Gadang Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran cenderung terpusat pada guru dan proses pembelajaran matematika yang disajikan kurang kreatif dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hasil belajar dengan menerapkan model STAD menunjukkan peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase siswa pada siklus I sebesar 61,53% dengan rata-rata hasil belajar 69,53 dan meningkat pada siklus II sebesar 84,61% dengan rata-rata hasil belajar 80,38. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang Padang. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya, penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat divariasikan dalam pemggunaan nya pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:36
Last Modified: 09 Mar 2023 08:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12103

Actions (login required)

View Item View Item