PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PERMAINAN POLICE EMERGENCY DI KELAS VA SD NEGERI 37 PAGAMBIRAN

DWI SANDRIA, EKA PUTRI and Zulfa, Amrina and syukma, netti (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PERMAINAN POLICE EMERGENCY DI KELAS VA SD NEGERI 37 PAGAMBIRAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1 COVER, PENGESAHAN, DAFTAR ISI, PENDAHULUAN SANDRIA.pdf

Download (978kB)
[img] Text
FILE 2 KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA SANDRIA.pdf

Download (32kB)
[img] Text
FILE 3 FULL TEXT SANDRIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa di SD Negeri 37 Pagambiran dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang memanfaatkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika menggunakan media papan permainan Police Emergency di Kelas V SD Negeri 37 Pagambiran. Jenis Penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA, yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media papan permainan Police Emergency terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus I sebesar 66,66% meningkat pada siklus II menjadi 84,99%. Persentase kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan media papan permainan Police Emergency pada siklus I ada 11 orang (40,74%). Sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 21 orang (77,77%). Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran matematika dengan media papan permainan Police Emergency telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VA SD Negeri 37 Pagambiran. Berdasarkan hasil penelitian media papan permainan Police Emergency dapat dijadikan salah satu alternatif variasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:44
Last Modified: 09 Mar 2023 08:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12109

Actions (login required)

View Item View Item