Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Untuk Kelas X SMKN 1 Painan.

Adri, Junialdi Danif and Ashabul, Khairi and Iga, Setia utami (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Untuk Kelas X SMKN 1 Painan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
2 Adri Junialdi Danif 1110013231128 Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2 Adri Junialdi Danif 1110013231128 Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
2 Adri Junialdi Danif 1110013231128 BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
2 Adri Junialdi Danif 1110013231128 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
2 Adri Junialdi Danif 1110013231128 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
2 Adri Junialdi Danif 1110013231128 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
2 Adri Junialdi Danif 1110013231128 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
2 Adri Junialdi Danif 1110013231128 Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan wawancara yang dilakukan terhadap guru mata pelajaran dasar desain grafis khususnya Jurusan TKJ di SMKN 1 Painan, diperoleh keterangan bahwa pada umumnya siswa kelas X TKJ belum memiliki bahan ajar yang memadai untuk proses pembelajaran yang kondusif, khususnya bahan ajar yang berbentuk cetak. Bahan ajar cetak yang digunakan dalam proses pembelajaran selama ini diberikan per pertemuan tatap muka dan buku teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis pendidikan karakter yang valid dan praktis pada mata pelajaran dasar desain grafis khususnya untuk jurusan TKJ siswa Kelas X SMKN 1 Painan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Four D). Model ini memilki 4 tahapan, diantaranya pendefinisian, desain, pengembangan dan disemilasi. Ujicoba produk telah dilakukan kepada siswa dimana sebelumnya dilakukan kajian dari pakar materi dan pakar media terhadap produk. Uji validitas dilakukan pada validator (pakar/ahli) dan mengalami beberapa kali revisi. Setelah modul dinyatakan layak untuk digunakan lalu dilakukan uji coba produk pada siswa. Data angket validitas dan praktikalitas yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul yang telah dikembangkan dikatakan sudah baik. Berdasarkan hasil dari validasi oleh pakar ahli didapat rata – rata sebesar 87,4 %.Dari hasil angket praktikalitas di dapat rata – rata sebesar 89,58 %. dan dari hasil uji efektifitas diperoleh data bahwa 18 dari 21 orang siswa dapat menuntaskan tes hasil belajar dengan persentase 78%, hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis pendidikan karakter efektif dalam pembelajaran dasar desain grafis di SMKN 1 Painan Kata Kunci : Modul berbasis Pendidikan Karakter, 4-D

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:27
Last Modified: 27 May 2021 03:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item