ANALISA KESTABILAN LERENG PADA PROYEK PENGEMBANGAN PERSEDIAAN AIR BERSIH UNTUK DAERAH BUKITTINGGI DENGAN METODE FELLENIUS DAN METODE BISHOP

DELVA AULIA ANGGINA, ANGGI and Indra Farni, Indra Farni and Eko, Prayitno (2023) ANALISA KESTABILAN LERENG PADA PROYEK PENGEMBANGAN PERSEDIAAN AIR BERSIH UNTUK DAERAH BUKITTINGGI DENGAN METODE FELLENIUS DAN METODE BISHOP. Other thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Persetujuan,Abstrak,Kata Pengantar, Daftar Isi, Pendahuluan.pdf

Download (528kB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran, Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Fulltext dan Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lereng merupakan suatu permukaan tanah yang memiliki perbedaan elevasi cukup besar pada kedua titik yang berjarak relatif kecil, sehingga menimbulkan sudut tertentu terhadap bidang horizontal. Pada proyek pembangunan pengembangan sistem persediaan air di daerah Bukittinggi terdapat sebuah jalur kritis untuk pipa. Maksud dari jalur kritis pada penelitian ini adalah karena sumber air rencana lebih rendah dibandingkan jalur pada pipa untuk mengalirkan air ke lokasi pengolahan. Jalur ini pun tepat berada dibawah jalan yang berlereng sehingga perlu dilakukannya analisa terhadap lereng. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Fellenius dan metode Bishop dengan bantuan software SLIDE 6.0. Pada kondisi eksisting nilai safety factor dengan metode Fellenius untuk sampel BH – 01 dan BH – 02 adalah 0,932 dan 0,398, metode Bishop untuk sampel BH – 01 dan BH – 02 adalah 0,977 dan 0,407. Setelah dilakukan perbaikan maka safety factor dengan metode Fellenius untuk sampel BH – 01 dan BH – 02 adalah 1,585 dan 1,545 dan metode Bishop untuk sampel BH – 01 dan BH – 02 adalah 1,662 dan 1,650. Oleh karena nilai safety factor kurang dari 1,5 maka lereng tersebut dalam kondisi tidak stabil maka perlu dilakukannya perbaikan dengan mengubah geometri lereng menjadi 10˚.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:43
Last Modified: 10 Mar 2023 01:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12191

Actions (login required)

View Item View Item